Rektor Unsyiah: Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi Belum Maksimal

0
68

Banda Aceh – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darni M Daud menilai penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) selama ini belum maksimal dilakukan mahasiwa, termasuk di Aceh.

“Indikasinya bisa dilihat dari masih minimnya kegiatan riset dan aplikasi ilmu kepada masyarakat yang dilakukan kalangan mahasiswa dan alumni perguruan tinggi, khususnya di Aceh,” katanya, Minggu,dalam rapat senat terbuka wisudawan Unsyiah periode Agustus-Oktober 2011. Pada periode tersebut perguruan tinggi “jantong hatee” rakyat Aceh itu meluluskan sebanyak 1.580 lulusan.

Lulusan Unsyiah yang diwisuda itu terdiri dari program Pascasarjana 221 orang, pendidikan profesi 181 orang, sarjana (S1) 818 orang, dan diploma III 360 orang.

Dijelaskannya, tri dharma perguruan tinggi merupakan tugas yang diemban perguruan tinggi dalam memberikan pencerahan bagi generasi bangsa dalam pendidikan, penelitian dan pegabdian terhadap ilmu yang dipelajari dari berbagai disiplin ilmu di perguruan tinggi.

“Peningkatan lulusan tidak akan berdampak positif terhadap pembangunan, jika implementasi tri dharma perguruan tinggi tidak berjalan maksimal, seperti pegabdian terhadap masyarakat,” katanya.

Karena itu, pihak terus berupaya untuk meningkatkan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dalam upaya melahirkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi terhadap bangsa dan masyarakat di Aceh.

“Kami yakin dengan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas lulusan dan staf pengajar akan mampu menjadikan lulusan Unsyiah mampu bersaing dengan berbagai lulusan universitas di Tanah Air dan luar negeri,” katanya.

Dijelaskannya, Unsyiah terus berupaya untuk melahirkan lulusan yang mampu berkompetisi dalam persaingan ditingkat lokal, nasional dan global sehingga menjadi bagian dari berbagai pasar tenaga kerja yang tersedia.

“Artinya, peningkatan mutu lulusan menjadi sangat utama yang dilakukan dengan terus memperkuat tri dharma perguruan tinggi,” katanya.

Hingga saat ini perguruan tinggi “jantong hatee” rakyat Aceh itu telah meluluskan sebanyak 57.350 lulusan Sarjana/Profesi.

“Kami berharap tingkat kontribusi alumni Unsyiah dalam pembangunan bangsa terus meningkat seiring terus berkembang dan majunya universitas ini di masa mendatang,” demikian Darni.[Antara]