Unsyiah Raih Anugerah Media Humas dari Kominfo

311
anugerah media humas unsyiah
Kampus Universitas Syiah Kuala. Foto: Humas Unsyiah

BANGKA BELITUNG – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) masuk dalam tiga besar Anugerah Media Humas (AMH) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Dari lima kategori yang diperlombakan, Unsyiah unggul di dua kategori, yaitu kategori penerbitan media internal dan kategori website.

Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir, mengatakan Anugerah Media Humas ini merupakan bagian dari kegiatan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) yang dilaksanakan Kominfo setiap tahunnya dengan diikuti ratusan instansi dari seluruh Indonesia. Pada tahun ini, malam penganugerahan berlangsung di Novotel Bangka Hotel and Convention Center, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat 25 Oktober 2019.

Ada lima kategori yang diperlombakan, yaitu siaran pers/pemberitaan, media sosial, penerbitan media internal, website, dan stand pameran instansi. Klasifikasi pemenang setiap kategori ini dibagi sesuai instansi, yaitu kementerian/lembaga, BUMN/BUMD, perguruan tinggi negeri, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

“Di klasifikasi perguruan tinggi negeri, Unsyiah masuk tiga besar dan berhasil mengungguli kampus ternama lainnya di Indonesia,” ujarnya dalam rilis yang diterima wartawan, Senin (28/10).

Untuk kategori penerbitan media internal, Unsyiah bersanding dengan Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Majalah internal Warta Unsyiah dinilai telah memenuhi kriteria penilaian yang mencakup kreativitas, etika, estetika, dan mendukung program prioritas pemerintah. Sementara di kategori website, Unsyiah masuk tiga besar bersama Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran. Keberhasilan ini membuat Unsyiah tercatat sebagai satu-satunya universitas di luar Pulau Jawa yang berhasil masuk sebagai nominasi perguruan tinggi terbaik.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Widodo Muktiyo, menyampaikan apresiasi kepada para pemenang. Menurutnya humas merupakan profesi strategis dalam menyampaikan informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat. Penganugerahan ini salah satu upaya untuk menciptakan semangat kompetisi positif di lingkungan humas yang berbasis kinerja, sekaligus memberi peluang peningkatan kualitas kerja. Pada tahun ini sebutnya, ada 169 instansi yang mengirimkan karyanya untuk dilombakan dalam Anugerah Media Humas 2019. (Humas Unsyiah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here