Tips Mengisi KRS Online Unsyiah

0
317
Tips mengisi KRS online

Tips mengisi KRS Online adalah sebuah kemudahan yang disediakan oleh pihak akademik Universitas Syiah Kuala yang memang patut diberi apresiasi tinggi. Yaitu kemudahan dalam mengisi KRS.

Saat ini mahasiswa tidak direpotkan lagi harus datang ke kampus hanya  untuk mengisi Kartu Rancangan Studi (KRS). Kini KRS tersebut bisa diisikan di mana dan kapan pun selama bisa terhubung dengan koneksi internet.

Namun permasalahan yang dihadapi saat ini berbanding terbalik dengan apa  yang diharapakan terjadi dari sebelumnya. Login keliru, The server at krs online.unsyiah.ac.id is taking too long to respond adalah kendala di mana KRS itu tidak bisa diakses.

Guna mempermudah anda mengisi KRS online, kami menyarankan anda untuk melakukan beberapa cara agar anda bisa mengisi KRS cepat dan tepat waktu.

Inilah beberapa tips mengisi KRS online untuk anda ikuti. Inilah langkah-langkahnya;

  1. Gunakan fisilitas internet internal kampus dengan memasukkan link ; https://10.10.1.104/biodata-mhs.
  2. Bila mengakses internet di luar kampus disarankan anda terlebih dahulu memasukkan link: https://krsonline.unsyiah.ac.id/. Langkah ini memudahkan anda mengakses dibadingkan anda mencarinya di search machine.
  3. Usahakan internet dimana anda mengakses KRS jaringannya bagus.
  4. Jangan mengisi KRS ketika jam sibuk dimana para user lainya sedang ramai  mengakses KRS Online  karena hal ini menyulitkan anda masuk  ke system secara bersamaan.
  5. Gunakan computer lebih dari satu untuk mengisi KRS.
  6. Jangan memilih menu pada tab yang sama, tetapi disarankan untuk klik kanan pada menu tersebut pilih open link in new tab. Hal ini nantinya menghindari  anda keluar dari login krs.
  7. Jika teman anda sedang mengakses krs dan bisa menglogin krs, mintalah kepada teman anda untuk mengisikan krs anda setelah dirinya siap mengisi krs.
  8. Cetak krs yang telah dipilih dan jangan menunggu waktu esok, bilamana waktu mengisi krs online tersebut sudah ditutup anda tidak bisa untuk mencetaknya kembali.
  9. Bila sudah terlanjur dan krs anda belum tercetak segera lapor kepada operator prodi dan disarankan untuk mengubungi pihak puksi secepatnya dikarenakan jika anda tidak menyerahkan krs anda kepada pihak prodi dipastikan anda tidak bisa mengikuti perkuliahan.
  10. Siapkan kudapan sembari menunggu krs online anda terisi guna mengghindari kejenuhan selama mengisi krs.

Kalau mahasiswa lupa password saat hendak mengisi KRS online, silahkan reset password di http://pengaduan.unsyiah.ac.id/cpm/

KRS Online Android
Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) kini menjadi mudah di Unversitas Syiah Kuala (Unsyiah) setelah kampus tersebut meluncurkan aplikasi KRS online berbasis android, Rabu 3 Januari 2018.

Diluncurkan di Gedung Rektorat Unsyiah, aplikasi tersebut adalah hasil rancangan dari Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Unsyiah. Ini menjadi aplikasi android ketiga yang dikeluarkan Unsyiah, setelah sebelumnya meluncurkan aplikasi android UILIS Mobile Perpustakaan dan Dosen Wali Unsyiah.

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal mengatakan aplikasi KRS online ini dihadirkan untuk memudahkan mahasiswa dalam pengisian dan melihat KRS. Aplikasi ini menghadirkan fitur yang dapat menghubungkan antara mahasiswa dan dosen wali. “Sehingga komunikasi yang selama ini dilakukan secara tatap muka dapat dilakukan secara online melalui android.”

Dia menargetkan Unsyiah ke depannya akan terus menghadirkan aplikasi berbasis android mengingat jumlah pengguna handphone android terbilang tinggi. Bahkan, kampus ini akan merancang aplikasi android yang memudahkan pegawai dan dosen dalam pengurusan kenaikan pangkat.

Kepala UPT TIK Unsyiah, Taufik Fuadi Abidin mengatakan aplikasi KRS online berbasis android ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Aplikasi ini menghadirkan beragam fitur seperti riwayat studi, transkrip, mata kuliah, konsultasi dosen wali, hingga biaya kuliah SPP. “Aplikasi diterapkan mulai semester genap 2017/2018,” ujarnya.

Setelah anda mencoba seluruh tips di atas, namun KRS anda tetap juga tidak bisa anda isikan. Disarankan anda untuk datang ke puksi dan mengisinya di komputer yang sudah disediakan oleh pihak Puksi.

Semoga tips mengisi KRS online ini dapat membantu. Selamat mencoba.[Rahmad Nuthihar].