Memahami Visi Steempress dan Hal-hal yang Ingin Diwujudkan

0
237

Steempress hadir untuk memfasilitasi para blogger menulis konten berkualitas sekaligus membantu mereka mendapatkan reward yang setimpal. Visi steempress ini terlihat begitu sederhana, bukan?

Bagi para pengguna steempress, visi tersebut bukan sebuah bualan belaka. Selama ini, para konten kreator yang memposting tulisan melalui blog menggunakan steempress, selalu mendapat kurasi dan vote dari @steempress-io yang persentase-nya sangat bervariasi, berbeda antara satu steemian dengan steemian lain. Bagi Anda yang belum pernah mendapat upvote dari @steempress-io maka ke depan tidak ada lagi vote dari mereka. Mulai sekarang, semua aktivitas Steempress akan dilakukan melalui @steempress. Just kidding…

Sejak awal saya optimis bahwa Steempress sangat serius dengan proyek mereka. Saya perhatikan, setiap minggu sekali pasti ada pembaharuan yang mereka lakukan, terutama pada plugin. Saat tulisan ini saya tulis, versi plugin steempres untuk wordpress sudah mencapai versi 1.4.2. Artinya, dalam rentang waktu dua minggu, mereka dua kali melakukan pembaharuan pada plugin dan memperbaiki sejumlah bug. Itu menjadi penanda bahwa mereka serius dengan plugin yang mereka bangun.

Soal update konten di steemit, mereka juga sangat disiplin. Pihak @steempres memang tidak setiap hari memposting konten di steemit, tapi mereka melakukannya seminggu sekali. Durasinya benar-benar mereka jaga dengan baik. Dan, dalam setiap postingan terbaru, mereka selalu menginformasikan sejumlah perbaikan, pembaharuan, dan hal-hal penting lainnya yang perlu diketahui oleh pengguna mereka. Sebagai pengguna @steempress saya menjadi sangat terbantu dengan sejumlah update dari mereka.

Hari ini, mereka kembali membawa kabar gembira untuk para pengguna steempress dan komunitas pengguna steemit, dengan mengabarkan soal peta jalan (roadmap) steempress tahun 2018 dan peluncuran witness (saksi) @steempress. Dalam postingan terbaru mereka, pihak steempress kembali menegaskan soal visi steempress dan misi mereka serta mengumumkan pergeseran kegiatan dari @steempress-io ke akun @steempress.

Bukti keseriusan mereka tampak dari komitmen dua penggawa proyek, @howo dan @fredrikaa, terhadap proyek steempress. Musim panas ini menjadi momen penting dari perjalanan mereka dan menandai sebuah periode baru. Ya, mulai tanggal 10 Agustus 2018, @fredrikaa dan @howo akan bekerja penuh waktu (full-time) untuk SteemPress dan blockchain Steem.

“Untuk menemani komitmen baru kami ke Steem dan meningkatkan ketergantungan pada keberhasilan blockchain, kami melihatnya cocok untuk juga menjalankan kesaksian kami sendiri. Dalam posting ini, kami berharap dapat merinci kontribusi besar apa yang akan kami targetkan dalam jangka pendek hingga menengah dengan SteemPress dan berharap bahwa komunitas Anda akan melihat nilai dalam apa yang kami bawa ke meja dan dengan demikian mempertimbangkan memilih saksi kami @steempress,” tulis mereka.

Visi Steempress
Dalam beberapa postingan @steempress, kita diajak untuk memahami visi besar yang diusung oleh Steempress melalui plugin WordPress. Sebuah tool yang memungkinkan para blogger memposting konten blog mereka secara otomatis ke dalam blockchain steem. Hal ini memang sesuai dengan visi jangka panjang mereka, yaitu untuk melihat semua blogger diberdayakan oleh blockchain Steem untuk memonetisasi konten dan menjangkau audiens baru.

Selama ini, Steem dan Steemit sudah menyediakan alat revolusioner bagi para pembuat konten dan kontributor untuk memonetisasi konten dan terlibat secara online, dan bagi komunitas dan wirausaha untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Namun, dalam waktu di mana puluhan juta orang berbondong-bondong ke web untuk membuat dan membagikan konten, kami masih sangat jauh dari mengadopsi dan memanfaatkan perangkat ini. Sama halnya, kami juga jauh dari memanfaatkan sebaik-baiknya potensi yang ditawarkan Steem sebagai teknologi. Dengan SteemPress, kami berharap dapat memperkenalkan pembuat konten dan konsumen baru ke blockchain Steem sambil juga membawa fitur-fiturnya ke situs web yang dapat membantu mengesahkan web dalam skala besar.

Secara ringkas, tujuan yang ingin dicapai oleh steempress adalah: “to see the best of WordPress content on Steem, and the best Steem features on WordPress blogs everywhere.” Tujuan mereka adalah untuk melihat konten WordPress terbaik di Steem, dan fitur Steem terbaik di blog WordPress di mana-mana.

Untuk mewujudkan visi steempress ini, mereka terus berusaha membangun alat untuk memungkinkan siapa saja yang memiliki situs WordPress dapat mempublikasikan konten secara langsung ke blockchain Steem, sambil bekerja untuk memungkinkan fitur Steem diintegrasikan dengan blog yang ada. Sejauh ini, mereka sudah melakukannya dengan sangat baik.

Peta Jalan Steempress 2018
Demi mewujudkan hadirnya sebuah produk (plugin steempress) yang benar-benar sempurna, pihak steempress membuat peta jalan yaitu tiga langkah demi menuju produk akhir.

Langkah 1: Memberikan kenyamanan untuk memposting otomatis dari WordPress ke STEEM dan bekerja dengan pengguna awal kami untuk menambahkan fitur yang mereka minta.

Langkah 2: Menyediakan platform untuk membantu komunitas yang berbeda menemukan dan mengatur konten SteemPress sehingga kami dapat menggunakan kebijaksanaan dari kerumunan dalam membimbing mereka.

Langkah 3: Mengusahakan integrasi penuh komentar STEEM, upvotes, login akun dan dompet di WordPress-blog menggunakan SteemPress.

Langkah 1 sejauh ini sudah cukup baik, di mana sejumlah pembaruan terus dilakukan dan sudah memberikan nilai lebih dari seribu steemian setiap minggu. Sementara langkah kedua hampir rampung dilakukan. Selain mengizinkan blog WordPress untuk dikirim ke blockchain Steem, mereka berusaha membantu pembuat konten dari luar yang menggunakan SteemPress untuk terhubung dengan komunitas Steem yang relevan dan menemukan DApps berbasis Steem yang relevan yang dapat membantu mereka memanfaatkan konten.

Selama ini, pihak steempress menggunakan sistem front-end (bagian depan) untuk menemukan konten yang diposting dengan SteemPress. Namun, sejauh ini mereka telah dapat menggunakan alat yang lebih efisien untuk meninjau konten dari kreator baru yang dipublikasikan ke Steem menggunakan SteemPress, serta memungkinkan kurator menemukan pengguna Steemian baru yang memposting dengan tag yang relevan dengan niche mereka. Pihak steempress berharap dapat merilis versi beta dari situs web yang juga akan memungkinkan semua posting Steem untuk dijelajahi dengan cara baru di mana kurator juga dapat masuk dengan SteemConnect dan membuat daftar putih, daftar hitam, dan menyimpan posting untuk ditinjau nanti.

Namun, tujuan akhirnya adalah memiliki integrasi penuh dua arah antara blog WordPress dan blockchain Steem. Caranya dengan membawa tombol upvote, pasca pembayaran yang diharapkan, komentar, dompet dan fitur akrab lainnya dari Steem langsung ke blog berbasis SteemPress.

Apa yang Mereka Inginkan?
Dalam sebuah blog, ketika pengunjung ingin berkontribusi terdapat postingan yang mereka sukai, mereka akan meninggalkan komentar di bawah postingan pada blog tersebut. Para pengguna baru steemit yang belum memiliki akun atau sudah memiliki akun tapi belum melakukan login, mereka tidak dapat melakukan kontribusi apapun terhadap konten seperti memberi komentar atau melakukan upvote.

Steempress ingin mewujudkan integrasi penuh dua arah antara situs web berbasis SteemPress dan blockchain Steem. Di mana komentar dan upvote dibuat langsung di blog oleh orang-orang yang masuk dengan akun Steem yang telah disinkronkan, di mana menampilkan konten yang disimpan di steem seperti di steemit atau busy.org. Orang tidak lagi harus pergi ke front-end (bagian depan) khusus blockchain Steem untuk mengkonsumsi konten. Sebaliknya, konsumen dapat melakukannya langsung di blog itu sendiri seperti biasanya. Selain itu, konsumen yang terlibat dengan konten di blog berbasis SteemPress akan terhubung langsung dengan mereka yang menjelajah pos yang sama di front-end berbasis Steem. Dengan demikian memperkuat keterlibatan di kedua situs web karena keduanya terhubung melalui infrastruktur inti yang sama: Steem.

“Dengan hard fork 20, kami berharap orang-orang baru dapat membuat akun Steem mereka sendiri dengan cepat dan mudah secara langsung di blog,” tulis @steempress.

Dengan demikian, visi mereka untuk membantu blogger mendapatkan audien baru bukan hanya bualan belaka.

Ada banyak hal baru yang diumumkan @steempress dalam postingan terbaru mereka, dan saya kewalahan dalam memahaminya dengan benar. Namun, ada satu hal yang selama ini ditunggu-tunggu oleh para steemian yaitu kehadiran Smart Media Tokens (SMTs). Steempress pun menyambut soal ini dengan suka-cita, di mana mereka akan bersinergi dengan SMTs.

Pihak steempress telah melihat beberapa kasus, di mana sekelompok penulis, pengulas film, atau seniman secara kolektif menjalankan situs web yang ingin mereka hubungkan dengan blockchain Steem. Bagi steempress, mereka ini adalah contoh sempurna situs web dan komunitas yang dapat memanfaatkan Smart Media Tokens (SMT), dan pihak steempress berharap dapat memberikan konsultasi, penyiapan, dan integrasi SMT versi Pro untuk komunitas.

Itulah beberapa kesimpulan yang bisa kita tarik dari visi steempress dan proyek yang sedang mereka jalankan. []


NOTE: tulisan ini berdasarkan terjemahan dan ulasan bebas dari postingan berjudul “SteemPress vision, 2018 roadmap, going full-time and launching witness @steempress” dari @steempress. Untuk versi lebih lengkap silahkan merujuk pada postingan tersebut.

All image source: @steempress

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here