Penarikan Nomor Urut Kandidat 2 Januari

0
347

Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menjadwalkan penarikan nomor urut ┬ápara kandidat yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Aceh 16 Februari 2012 pada ┬árapat pleno terbuka, di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Senin (2/1).

Rencananya, pada rapat pleno terbuka terbatas itu, hadir calon gubernur dan wakil gubernur yang telah ditetapkan pada 30 Desember 2011. Hadir juga partai politik, unsur Muspida Plus, dan Panitia Pengawas Pemilukada Aceh.

Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KIP Aceh Nurjani Abdullah menyebutkan para calon yang telah ditetapkan sebagai calon tetap diminta untuk menghadiri rapat pleno penarikan nomor urut tersebut. “Kami berharap para semua kandidat bisa hadir, secara berpasangan, pada penarikan nomor urut nanti,” kata Nurjani Abdullah, Selasa (27/12).

Sebelum menggelar penarikan nomor urut, pada 30 Desember 2011, KIP Aceh akan menggelar rapat pleno tertutup yang dihadiri Panwas Aceh untuk menetapkan kandidat tetap yang bakal bertarung pada Pemilukada 16 Februari 2012 nanti.

“Kami sudah menginstruksikan KIP kabupaten/kota untuk mengirimkan berita acara verifikasi faktual para kandidat pada tanggal 28 Desember,” lanjut Nurjani.

Nurjani juga menginformasikan bahwa bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh Darni M. Daud dan Ahmad Fauzi dinyatakan lulus uji baca Quran dan tes kesehatan.

Pemilukada untuk memilih gubernur dan wakil gubernur diikuti empat pasang kandidat, yaitu Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Teungku Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah, dan Darni M. Daud-Ahmad Fauzi. KIP Aceh akan menetapkan pasangan kandidat pada 30 Desember.

Sementara itu, pada 28 Desember KIP akan menetapkan dan mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada 2012. DPT akan ditempel di tempat umum, seperti kantor desa, balai desa, masjid, meunasah, pos jaga, dan tempat yang mudah dijangkau warga. []