Presiden Lantik Kabinet Hasil Perombakan

0
72

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik anggota Kabinet Indonesia Bersatu II hasil perombakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, pada pukul 09.00 WIB.

Pelantikan dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono dan sejumlah pimpinan lembaga negara antara lain Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Tumpa, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, dan seluruh anggota Kabinet Indonesia Bersatu II.

Pelantikan diikuti oleh pengucapan sumpah terbagi atas dua bagian, yaitu untuk para menteri dan wakil menteri.

Pada sesi pertama dilakukan pelantikan terhadap para menteri menduduki pos baru dalam Kabinet Indonesia Bersatu II yang diangkat melalui Keputusan Presiden No 59/P/Tahun 2011, yaitu Menteri Hukum dan Ham Dr. Amir Syamsuddin,SH, Menteri Pendayagunaan Apaparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ir.Azwar Abubakar, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Cicip Sutardjo, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dan Menteri Lingkungan Hidup Prof.Dr. Baltazar Kambuaya.

Selain itu juga dilakukan pelantikan dan pengucapan sumpah terhadap menteri yang berpindah posisi dalam Kabinet Indonesia Bersatu, yaitu yaitu Jero Wacik yang menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), EE Mangindaan menjadi Menteri Perhubungan dan Mari Elka Pangestu menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Gusti Muhammad Hatta sebagai Menteri Riset dan Teknologi.

Bersamaan dengan mereka, dilakukan pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan terhadap Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI Marciano Norman yang diangkat melalui Keputusan Presiden (Keppres) No 60/P/Tahun 2011.

Sedangkan pada sesi kedua, dilakukan pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan terhadap para wakil menteri yang diangkat melalui Keputusan Presiden (Keppres) No 159/M/Tahun 2011.

Para wakil menteri itu adalah Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang pendidikan Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan Wiendu Nurhayati, Wakil Menteri Hukum dan Ham Prof.Denny Indarayana, Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasodjo, Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo, Wakil Menteri Luar Negeri Wardana.

Selain itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Wakil Menteri BUMN Mahmuddin Yasin dan Wakil Menteri Kesehatan Prof.Ali Ghufron, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, dan Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar.

Usai pelantikan, Presiden Yudhoyono akan menyampaikan pidato kebijakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, pada pukul 11.00 WIB guna menyampaikan penekanan tujuan pemerintah selama tiga tahun mendatang serta sasaran dan tugas masing-masing kementerian. [Antara]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here