Tips Aman Membeli Apartemen untuk Tempat Bermukim Anda

0
190
Tips Aman Membeli Apartemen
Ilustrasi gambar apartemen. Foto: pixabay

Hunian vertikal atau apartemen diketahui menjadi opsi bermukim alternatif yang banyak diburu para pencari properti di zaman sekarang. Selain prestise yang dihadirkan dalam hunian apartemen, fasilitas yang telah tersedia untuk menunjang kehidupan pemukim adalah alasan lain yang menjadi faktor utama para konsumen untuk memilih tipe hunian tersebut.

Saat ini, beragam proyek apartemen dikembangkan oleh developer-developer tidak hanya di kota-kota utama. Beberapa kota satelit pun turut menyajikan hunian vertikal-hunian vertikal untuk menjawab kebutuhan para pencari properti hunian vertikal yang ingin tinggal agak jauh dari pusat aktivitasnya di pusat kota.

Sebelum membeli apartemen, sangat penting untuk mengetahui secara rinci standar-standar dari produk jual apartemen yang tersedia. Tidak hanya dari sisi spesifikasi, beberapa standar operasional pun juga harus Anda pahami betul-betul. Bagi Anda yang memilih sejumlah proyek apartemen sebagai tempat bermukim Anda, ada baiknya untuk memperhatikan tips aman membeli apartemen di bawah ini:

Pertimbangkan Matang-matang Harga Jualnya
Harga adalah faktor utama yang harus diprioritaskan. Jangan sampai Anda membeli apartemen dengan harga jual yang berada di atas kemampuan pembayaran Anda.

Meskipun, harga jual apartemen penting, Anda juga harus mempertimbangkan secara seksama apa yang Anda dapatkan dari harga jual tersebut. Apartemen yang murah memang baik, namun mungkin saja tidak memadai untuk menunjang kehidupan bermukim Anda.

Cek Track Record Pengembang
Selain harga jual apartemen, faktor pengembang tersebut juga harus diperhatikan sebelum menentukan apartemen mana yang Anda boyong. Tidak salah jika memprioritaskan pengembang-pengembang ternama yang telah berkecimpung dalam pengembangan hunian vertikal, namun beberapa pengembang lain juga tidak berarti lebih buruk dibanding mereka.

Anda dapat dengan mudah mengetahui track record dari pengembang proyek jual apartemen yang Anda pilih melalui Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Pastikan Ketersediaan Sertifikat Laik Fungsi
Sangat penting untuk Anda dalam memastikan ketersediaan dari Sertifikat Laik Fungsi (SLF) apartemen yang dikeluarkan oleh pemkot atau pemda setempat sebelum melakukan transaksi jual beli apartemen. SLF pada dasarnya memberikan gambaran tentang kelaikan teknis gedung bangunan beserta fungsinya. Menurut portal properti global Lamudi.co.id, ada baiknya jika tidak terdapat SLF, hentikan pemilihan apartemen tersebut.

Usia Bangunan
Khusus untuk Anda yang mengincar unit-unit jual apartemen secondary, usia bangunan merupakan poin yang harus Anda perhatikan. Hal tersebut perlu mengingat berkaitan dengan kualitas dari unit yang akan Anda beli. Dikarenakan terdapat potensi kerusakan pada unit, sebaiknya Anda turut menyisihkan sejumlah dana untuk biaya perawatan unit tersebut.

Ketersediaan Fasilitas Keselamatan
Baik proyek baru apartemen ataupun second, harus memiliki fasilitas keselamatan yang memadai. Anda harus memastikan sejumlah komponen keselamatan pada tower seperti emergency exit, alat pemadam kebakaran, tempat evakuasi, dan fire extinguisher telah tersedia dengan perawatan yang baik dari pihak developer. []