Syarat Mengikuti SNMPTN, Sekolah Perlu Mengisi PDSS

0
279

BANDA ACEH | ACEHPUNGO.COM – Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof. Dr. Ir. Marwan, Senin (7/1) meminta pihak SMA sederajat di Aceh untuk segera mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang telah dibuka sejak 4 Januari dan akan berakhir pada 25 Januari 2019. Pengisian data tersebut dapat dilakukan melalui laman www.pdss.snmptn.ac.id

Marwan meminta pihak sekolah untuk peduli terhadap hal ini, sebab PDSS merupakan syarat utama yang harus dilakukan agar dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2019. Apabila sampai batas waktu yang telah ditentukan pihak sekolah belum mengisi data tersebut, maka para siswanya tidak dapat mengikuti SNMPTN.

Marwan menjelaskan, PDSS merupakan basis data yang berisi rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswa. Setiap siswa yang mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta mengisi data prestasi. Sedangkan siswa yang berhak mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), berprestasi akademik, dan terdaftar di PDSS. Pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada 4-14 Februari 2019, sedangkan hasil seleksi diumumkan pada 23 Maret 2019.

“Segala informasi tentang penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, dapat diakses melalui www.snmptn.ac.id dan kami berharap masyarakat serta sekolah dapat melihatnya dengan saksama,” ujar Marwan.

Tahun ini, kata Marwan, pemeringkatan siswa SNMPTN akan dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), lembaga resmi dari Kemenristekdikti yang bertugas untuk menjalankan seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan Seleksi Mandiri tetap dilakukan oleh masing-masing PTN. Mereka nantinya akan memeringkatkan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik ini, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 sesuai akreditasi sekolah.

Untuk itu, Marwan berharap pihak sekolah untuk dapat mengisi PDSS secara benar dan tidak berlaku curang. Sebab jika tim verifikasi SNMPTN menemukan tindak kecurangan, seperti merekayasa nilai rapor, maka siswa tersebut dapat didiskualifikasi.

Dalam waktu dekat, tim Humas Unsyiah akan berkunjung ke beberapa daerah di Aceh untuk menyosialisasikan penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. [rilis]