Wikipedia Umumkan Rencana Penutupan Layanan Sementara

0
217

Washington-Wikipedia berencana menutup layanan berbahasa Inggrisnya hari ini (Rabu, 18/1) sebagai bentuk protes terhadap Rancangan Undang-undang (RUU) Anti Pembajakan di AS.

Situs dengan konten yang juga dibangun oleh pengguna lainnya seperti Reddit dan blog Boing Boing juga menyatakan akan ikut ambil bagian dalam agenda “penutupan” itu, meski layanan Twitter menolak ikut terlibat.

Menurut pengelola Wikipedia, mereka menentang RUU Penghentian Pembajakan (Sopa) serta RUU Perlindungan terhadap Hak Intelektual (Pipa) yang kini sedang diperdebatkan di Kongres AS.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengatakan pada BBC: “Pendukung Sopa melukiskan penentang RUU ini sebagai kelompok yang ingin melegalkan pembajakan atau mendukung pembajakan. Padahal bukan itu sesungguhnya masalahnya. Persoalannya adalah bahwa RUU ini sangat berlebihan dan disusun dengan buruk sekali sehingga akan berdampak pada seluruh aspek yang, Anda tahu, tidak ada hubungannya dengan upaya menghentikan pembajakan.”

‘Dukungan’ Gedung Putih

Pendukung RUU Sopa di Dewan Perwakilan AS mengatakan pengajuan RUU diharapkan akan menghentikan “website liar” menangguk keuntungan dari pembajakan secara online. Sementara RUU Pipa yang mirip dengan Sopa, saat ini sedang dalam proses menuju pembahasan di Senat AS.

Sabtu lalu Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang banyak ditafsir sebagai dukungan terhadap kritik pada pengajuan RUU tersebut.

“Sementara kita yakin bahwa pembajakan secara online yang dilakukan oleh website luar negeri merupakan masalah serius yang memerlukan adanya upaya legislasi, kami tidak akan mendukung RUU yang akan mengurangi kemerdekaan berekspresi, mendongkrak risiko keamanan dunia maya, atau malah mengkerdilkan inovasi global dan dinamika internet.”

Meski demikian pengelola Wikipedia mengatakan administrator untuk layanan bahasa Inggrisnya tetap akan meneruskan rencana protes dengan menutup sementara layanannya dengan alasan kedua RUU itu akan “menghancurkan dunia web yang terbuka dan bebas”.

“Kami tidak yakin Sopa akan luruh, sementara Pipa masih terus diproses. Lebih lagi Sopa dan Pipa cuma dua dari serangkaian indikasi bahwa ada masalah lebih besar. Di seluruh dunia kami melihat munculnya perkembangan dimana legislasi dibuat untuk melawan pembajakan online atau dengan kata lain mengatur internet, yang pada akhirnya menentang kebebasan berinternet.”

Di kubu pendukung RUU ini, terdapat nama kuat seperti pemilik News Corporation, Rupert Murdoch.

Situs-situs yang berniat menggelar aksi protes akan menghentikan layanan mereka selama 24 jam terhitung mulai dari tengah malam waktu AS, Rabu ini.[bbc]