6 Kandidat Lulus Uji Baca Quran

0
189

Banda Aceh – Enam bakal kandidat gubernur dan wakil gubernur Aceh dinyatakan lulus uji mampu baca Quran yang berlangsung pada Selasa (24/1). Mereka adalah pasangan baru yang mendaftar setelah Mahkamah Konstitusi membuka kran pendaftaran pemilihan selama tujuh hari.

Uji mampu baca Al Quran berlangsung di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada Selasa pagi. Enam kandidat yang ikut tes adalah pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf (Partai Aceh), Hendra Fadli-Yuli Zuardi Rais (Perseorangan), danĀ  Fakhrulsyah Mega-Zulfinar (Perseorangan).

Uji baca Quran tahap ketiga ini mendapat perhatian luas masyarakat yang memadati Masjid Raya Baiturrahman. Fakhrulsyah Mega mendapat giliran pertama, disusul kemudian Yuli Zuardi Rais, Muzakir Manaf, Zulfinar, Hendra Fadli, dan diakhiri oleh Zaini Abdullah. Masing-masing kandidat diharuskan membaca enam ayat dan satu surat. Pembacaan Quran ini dinilai meliputi tajwid, kefasihan bacaan, dan adab dalam membaca Quran.

Ketua Kelompok Kerja Uji Baca Quran KIP Aceh Akmal Abzal mengatakan, untuk bisa lulus dalam uji mampu baca Quran, kandidat harus mampu mengumpulkan nilai minimal 50 poin.

“Setelah mendapat penilaian dari dewan juri, maka keenam-enam kandidat dinyatakan lulus atau mampu membaca Al Quran,” kata Akmal Abzal kepada wartawan di Media Center, Selasa siang.

Akmal menambahkan, uji mampu baca Quran Selasa kemarin merupakan tahap ketiga yang digelar KIP. Sebelumnya, KIP telah menguji pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Teungku Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah, dan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah. Sementara pada tahap kedua, KIP menguji pasangan Darni Daud-Ahmad Fauzi.

“Kita tetap memperlakukan semua kandidat sama, dengan metoda yang sama, dan juri yang sama pula,” ujarnya.

Akmal menyebutkan, setelah hakim penilai berembuk, maka mereka menyimpulkan bahwa: Zulfinar meraih peringkat pertama perolehan nilai. Namun, KIP tidak mengumumkan nilai yang dicapai. Peringkat kedua diraih Zaini Abdullah, disusul kemudian Hendra Fadli, Muzakir Manaf, Yuli Zuardi Rais, dan terakhir Fakhrulsyah Mega.

Sementara uji mampu baca Quran terhadap 19 pasang kandidat di kabupaten/kota akan dilakukan oleh KIP masing-masing daerah. Namun hingga hari ini, KIP daerah belum melaksanakan uji baca Quran.

KIP membuka pendaftaran calon hingga pukul 00 WIB, Selasa (24/1). Hingga kini, sudah ada 22 pasang kandidat yang mendaftar setelah MK membuka keran pendaftaran pada 17 Januari lalu. Mereka berasal dari unsur partai dan calon perseorangan. []