7 Cara Promosi Website Gratis di Internet

0
109

Dalam postingan kali ini saya akan membagikan 7 cara promosi website gratis di internet yang layak dicoba. Cara promosi website ini sangat penting diterapkan terutama bagi Anda yang memahami dunia search engine optimization (SEO), karena akan mendongkrak popularitas, rangking dan posisi website di mesin pencari.

Membangun situs web hanyalah sebuah langkah permulaan. Semua upaya yang dilakukan dalam membangun website akan sia-sia jika tidak ada orang yang membaca dan melihat isinya.

Seperti kita tahu, upaya promosi situs web dapat mengintimidasi dan membingungkan, belum lagi harganya mahal. Tidak semua orang memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan kampanye iklan berbayar dan mensponsori acara.

Karenanya, dalam artikel ini saya akan membagikan kabar gembira untuk kita semua bagaimana cara promosi website gratis di internet. Saya akan memperkenalkan beberapa strategi yang sudah teruji serta sangat mudah dilakukan untuk mempromosikan situs web kita demi meningkatkan lalu-lintas kunjungan (traffic). Melalui 7 cara promosi website gratis di internet ini, kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

1. Menjadi Blogger Tamu (Guest Blogging)
Meski terdengar klise, menjadi blogger tamu adalah metode all-in-one yang bagus untuk membangun branding kita dalam topik tertentu (niche), menumbuhkan profil backlink dan membuat beberapa koneksi dalam suatu industri – yang semuanya berperan penting untuk mempromosikan situs web kita dalam jangka panjang. Cara kerjanya singkat saja: kita menulis untuk blog lain, terutama yang sesuai dengan passion kita.

Saat kita menulis untuk sebuah situs terkenal sesuai dengan niche blog kita berarti kita menempatkan konten kita di tempat utama untuk menjangkau orang yang tepat, yaitu mereka yang tertarik dengan topik yang kita tulis dan bagi mereka yang menikmati konten tersebut pasti akan mencari lebih banyak lagi di website kita. Apa artinya? Berarti bakal lebih banyak lalu lintas untuk situs web kita!

Langkah 1: Cari Website Target
Ingatlah, kita ingin menghadirkan website kita di tempat yang tepat dan untuk orang yang tepat.

Kita mulai dengan cara menemukan blog terbaik untuk ditargetkan. Kita lakukan riset kecil dan membuat daftar blog terkenal yang relevan dengan niche website kita; memposting di luar niche website kita tidak akan mendatangkan lalu lintas berkualitas.

Ada banyak website yang menerima penulis blog dari luar. Temukan 2-3 website dan mulailah membangun interaksi dengan pengelola dan tawarkan tulisan kita. Atau kita bisa mulai dengan menulis di blog keroyokan seperti Kompasiana (punya Kompas) atau Indonesiana (TEMPO).

Langkah 2: Persiapkan pitch Anda
Jangan mengirim spam ke pengelola website yang kita targetkan. Karena kita ingin mendapatkan respons yang baik dari orang yang tidak kita kenal di internet. Kecuali kita sudah akrab dengan pengelola website target kita, langkahnya menjadi mudah.

Lakukan riset mengenai blog dan editor yang akan kita hubungi. Luangkan waktu dan usaha untuk memperkenalkan diri pada konten blog dan lihatlah para blogger tamu lain yang sudah mempostingnya di sana. Lakukan pendekatan sebaik mungkin untuk mendapatkan tanggapan balik yang menggembirakan.

Langkah 3: Menulis artikel
Setelah mendapat tanggapan dan permintaan menjadi penulis tamu diterima, inilah saatnya menulis artikel. Ikuti gaya dan format blog tempat kita menulis konten sebagai blogger tamu. Jika setiap artikel yang ada menggunakan banyak tajuk dan teks tebal, ikuti saja. Jika setiap artikel secara konsisten menyentuh tanda 3.000 kata dan menyertakan banyak screenshot, lakukan hal yang sama.

Ketika menautkan kembali ke situs web kita, ingatlah untuk juga menyertakan tautan ke konten blog yang ada. Hal ini menunjukkan kalau kita tidak sedang mempromosikan diri, dan ini membuat editor senang.

2. Teknik SEO
Cara kedua dari 7 cara promosi website gratis di internet adalah menerapkan teknik search engine optimization (SEO). SEO adalah proses mendapatkan peringkat situs web yang tinggi di search engine seperti Google. Misalnya, kita menjual jasa rental mobil, dan website kita muncul di halaman satu hasil pencarian Google untuk kata kunci “sewa mobil aceh”, bayangkan berapa banyak lalu lintas yang akan diperoleh situs web kita?

Yang terbaik dari semuanya, strategi ini membawa lalu lintas yang konsisten dan pasif ke situs web kita. Boleh dibilang, teknik SEO adalah taktik promosi situs web terbaik dari sejumlah cara, dengan hasil jangka panjang.

Langkah 1: Tulis konten seputar topik dengan potensi lalu lintas penelusuran organik.

Itulah langkah pertama yang perlu kita lakukan sebelum menulis konten. Riset kata kunci sangat penting untuk sukses dalam bermain SEO: Dengan cara ini kita memastikan bahwa ada pasar untuk konten yang akan kita hasilkan. Ketika konten kita mendapatkan peringkat bagus dalam pencarian kata populer, saat itulah lalu lintas website kita mulai melambung.

Langkah 2: Optimasi konten
Baik saat membuat konten baru atau mengedit postingan yang ada, kita harus mengoptimalkannya agar memberi peringkat di Google. Ini melibatkan banyak penelitian, kerja copywriting dan berbagai faktor lainnya.

Jadi, selalu meng-optimasi konten website. Perbaiki dan perbaiki dengan menerapkan teknik SEO. Soalnya, kita tidak pernah tahu bahwa ada artikel di dalam blog kita yang terus dicari orang.

Langkah 3: Bangun Links
Backlink hanyalah tautan balik (karena itu namanya!) ke situs web Anda dari halaman lain. Ini dilihat sebagai indikator seberapa penting, atau berguna konten kita oleh mesin telusur. Dengan kata lain, memiliki sejumlah besar backlink berkualitas adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam peringkat tinggi di search engine. Boleh dibilang, backlink adalah teknik dasar SEO yang tidak ada matinya.

Setelah Anda memiliki konten hebat, saatnya untuk mulai membangun tautan balik ke sana. Ada banyak cara untuk memulai. Sebagai permulaan, pilihlah dari keterampilan dan taktik baru yang ramah-pemula atau pelajari beberapa metode untuk menjarah backlink pesaing. Kita bisa memulainya dengan menempatkan link di website seperti medium.com, pinterest atau bahkan wikipedia.

3. Aktif di Quora
Meskipun juga diklasifikasikan sebagai forum online, Quora adalah sesuatu yang sangat berbeda dari Reddit (forum online yang diblokir di Indonesia). Singkatnya, ini adalah situs tanya jawab (Q&A) yang sepenuhnya dihasilkan oleh pengguna. Kita harus mendaftar di sana. Sebagai pengguna Quora, kita dapat memilih untuk bertanya atau menjawabnya.

Bayangkan bahwa Quora sebagai pasar pengetahuan: tempat yang bagus untuk menjawab pertanyaan yang sesuai dengan niche website kita, menetapkan otoritas dan menghasilkan beberapa lalu lintas untuk situs web kita sepanjang waktu. Strategi ini tentu saja menghabiskan banyak waktu, membutuhkan dedikasi dan menguras kecerdasan kita, tetapi benar-benar dapat membuahkan hasil.

Apa yang harus dilakukan? Cari sebuah pertanyaan bagus dan topik itu belum kadaluarsa. Jika dalam sebulan terakhir masih ada view untuk pertanyaan itu, itulah kesempatan kita untuk memberi jawaban. Selanjutnya, bangun referral trafik untuk website kita yang menjawab pertanyaan tersebut.

cara promosi website gratis

4. Promosi di Halaman Facebook
Mempromosikan website melalui Facebook adalah salah satu cara paling banyak dilakukan dari 7 cara promosi website gratis di internet. Selama ini kita biasanya memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang memposting konten website kita secara otomatis ke halaman Facebook. Cara itu memang baik tapi orang akan menganggapnya sebagai pekerjaan mesin. Sebagai pemilik website, kita perlu mempromosikan konten website kita secara natural, misalnya dengan menulis ringkasan kenapa konten tersebut penting dibaca.

5. Kicauan Twitter
Sama seperti di Facebook, promosi konten website via Twitter termasuk yang paling sering kita lakukan. Sesekali cobalah menulis kicauan secara natural. Dulu, kicauan Twitter dibatasi 140 karakter, kini kita bisa menulis hingga 280 karakter. Jadi, kita bisa menulis ringkasan dari konten web kita dengan menyertakan link.

Twitter dikenal sebagai pendekatan all-in-one untuk mencapai tujuan bisnis kita. Kita dapat menggunakannya untuk menghasilkan prospek, mempromosikan situs web dan meningkatkan kesadaran merek, melakukan dukungan pelanggan, dan seterusnya dan seterusnya. Ini sangat bagus untuk menjangkau pemirsa baru dan melacak apa yang dikatakan orang tentang kita.

Langkah 1: Posting konten yang sangat menarik dan dapat dibagikan.

Hal terbaik tentang Twitter adalah seberapa mudahnya mengaksesnya, dan seberapa cepat hal itu tersebar di sana—ada alasan mengapa hashtag menjadi tren. Selalu ingat untuk menggunakan hashtag yang relevan sehingga pengguna lain dapat menemukan tweet kita ketika mereka mencari sebuah topik.

Secara umum, kita ingin mempublikasikan konten di Twitter dengan tautan kembali ke halaman kita. Pastikan tweet Anda menghibur, informatif atau (secara situasional) sebagai provokatif mungkin untuk meningkatkan interaksi dan retweet.

Langkah 2: Janjikan sesuatu sebagai ganti retweet, atau kuis iseng-iseng berhadiah. Langkah ini adalah semacam mengaburkan garis antara “gratis” dan “berbayar”. Anda tidak secara teknis menggunakan anggaran.

Meminta retweet memastikan bahwa tweet Anda menerima jangkauan, dan semakin banyak orang yang membagikannya. Secara alami, semakin banyak orang melihat tweet, semakin banyak mereka memeriksa profil dan situs web kita.

6. Blogger Outreach
Apa sih maksudnya Blogger Outreach? Kedengarannya cara promosi website gratis satu ini membingungkan, bukan? Ivan Lanin mencoba menerjemahkan Outreach ke dalam bahasa Indonesia dengan kata “penggapaian”.

Outreach pada dasarnya adalah strategi di mana konten kita mendapatkan perhatian dari para blogger dan influencer, dengan tujuan membuat mereka berbicara tentang kita dan membagikan link ke website kita.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, itu adalah tindakan menjangkau dan meminta tautan kembali ke situs web kita. Namun, jangkauan luar biasa adalah lebih dari sekadar meminta backlink.

Langkahnya adalah cari tahu siapa yang Anda hubungi. Setelah itu, mintalah mereka memberi backlink ke website kita, dalam artian backlink itu dibuat oleh orang sungguhan, bukan mesin. Dalam hal ini, komunikasi sangat penting dibangun dengan orang yang akan memberi link untuk blog kita.

7. Buat Resource Gratis
Cara terakhir dari 7 cara promosi website gratis di internet adalah memberikan sesuatu yang berguna untuk pengunjung website kita. Salah satu strateginya adalah menciptakan konten yang unik dan bernilai, idealnya berpusat pada merek atau produk yang kita hasilkan, kemudian menawarkan akses gratis ke produk tersebut.

Baik itu panduan PDF yang dapat dicetak atau serangkaian tutorial di YouTube, fokus pada penambahan nilai untuk audiens kita. Banyak blogger membuat e-book yang bebas didownload. Itu sudah cukup bagus. Tapi jangan sampai proses download-nya ribet harus ini-itu. Tunjukkan bahwa kita ikhlas memberikannya kepada mereka tanpa menuntut apa-apa seperti klik iklan atau mendaftar.

Mudah-mudahan 7 cara promosi website gratis di internet ini dapat diterapkan. Semoga bermanfaat. []

Image source: pixabay.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here