BPKS Gaet ITB Buat Master Plan

0
390

SABANG – Dalam upaya mendukung Sabang sebagai Destinasi Pariwisata Internasional, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) terus melakukan berbagai upaya untuk menyiapkan daerah ini untuk benar-benar siap terhadap lonjakan kunjungan wisata.

BPKS yang juga memiliki tanggung jawab terhadap pengembangan sektor Pariwisata di Kawasan Sabang (Sabang dan Pulo Aceh), menilai bahwa diperlukan adanya salah satu pedoman terhadap pengembangan pariwisata kedepannya.

Berangkat dari hal tersebut, BPKS bersama dengan Pusat Perencanaan Pengembangan Pariwisata (P2Par) Institut Teknologi Bandung (ITB), tengah mempersiapkan arah pembangunan kedepan.

“Alhamdulillah, kita telah membuat kerjasama dengan P2Par ITB untuk membuat Rencana Induk (masterplan) pariwisata Sabang, yang berlangsung hari ini, Selasa (22/3),” ujar Kepala BPKS Fauzi Husen.

Kerjasama BPKS dan P2Par ITB ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Kepala BPKS Fauzi Husen dengan Rektor ITB Prof, Dr, Ir Kadarsah Suryadi yang berlangsung di Biro Rektor ITB, Bandung.

Menurut Kepala BPKS, MoU ini sangat penting untuk pengembangan sektor pariwisata di Kawasan Sabang ini. Apalagi saat ini Kawasan Sabang ini bagai “magnet” wisata dunia.

“Sabang akan punya Rencana Induk Pariwisata, sehingga pembangunan pariwisata sabang lebih terarah. Inilah alasan kita melaksanakan MoU itu, sehingga kita siap untuk menjadi tuan rumah bagi tamu yang akan berkunjung ke Sabang,” tambahnya.

Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal membahkan, ada beberapa poin yang tertuang dalam MoU tersebut, diantara bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, kepariwisataan dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, Irwan juga menambahkan bahwa nantinya dalam pembuatan masterplan tersebut P2Par akan membuat beberapa kali FGD dengan stakeholder di Sabang dan Banda Aceh, dengan harapan arah pembangunan ini menjadi lebih baik.

“Mudah-mudahan kedepannya, pembangunan bidang pariwisata akan lebih terarah sebagaimana diharapkan oleh banyak pihak,” katanya lagi.

Sementara itu, Rektor ITB, Prof. Dr. Ir Kadarsah Suryadi menyambut baik kerjasama antara pihaknya dengan BPKS untuk membuat arah pengembangan pariwisata Kawasan Sabang ke depan.

“Kita berharap kerjasama ini dapat menghasilkan dokemen perencanaan bidang pariwisata yang bagus untuk kemajuan pariwisata sabang,” ujar Rektor ITB, Prof. Dr. Ir Kadarsah Suryadi.

Dirinya juga berharap, kerjasama-kerjasama pada bidang lainya antara ITB dan BPKS dapat terus berlanjut, dimana ITB juga mempunyai beberapa pusat kajian serta penelitian lainya. (rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here