Cina Uji Coba Kereta Api Berkecepatan 500 km/jam

0
157

Beijing –Cina telah meluncurkan sebuah kereta api uji super cepat akhir pekan lalu yang mampu melaju dengan kecepatan 500 kilometer per jam, sebut media pemerintah pada hari Senin lalu yang dikutip dari kantor berita Reuters. Peluncuran ini menujukkan ambisi Cina dalam perlombaan kereta api cepat dunia walau mereka masih memiliki berbagai masalah serius termasuk sarana sistem jaringan kereta cepatnya.

Kereta Api Cepat Cina yang mampu melaju 500km/jam - Reuters

Kereta api tersebut dibuat oleh anak perusahaan dari CSR Corp Ltd yang merupakan produsen kereta api terbesar Cina dan dirancang menyerupai sebuah pedang Cina kuno, rulis kantor berita resmi Xinhua.

“Kereta ini akan memberikan petunjuk yang berguna untuk operasional kereta api berkecepatan tinggi saat ini”, kata ahli kereta api Zhiyun Shen.

Tapi kereta api Cina masa depan tidak akan selalu berjalan pada kecepatan tinggi, sebut ketua CSR Xiaogang Zhao kepada Beijing Morning News. “Kami hanya ingin menjamin keselamatan operasional kereta api,” katanya.

Industri kereta api Cina telah mengalami tahun yang sulit akibat terjadinya tabrakan antara dua kereta api berkecepatan tinggi pada bulan Juli lalu yang menewaskan sedikitnya 40 orang.  Pembangunan kereta api berkecepatan tinggi yang baru di Cina berhenti sejenak setelah kejadian itu. Sebelumnya, pada bulan Februari, menteri kereta api Cina, Liu Zhijun yang juga merupakan seorang tokoh penting di balik booming di sektor ini, dipecat atas tuduhan korupsi. (muh/reuters)