Demo Tolak Politisasi Kampus di Unsyiah

0
48

Darussalam – Demo tolak politisasi kampus, Selasa (29/11) pukul 00.12 WIB dini hari muncul di kampus Unsyiah. Massa yang menurut informasi kecewa dengan sikap Rektor Darni M. Daud yang terkesan memanfaatkan fasilitas kampus untuk kepentingan pribadinya, melakukan aksi di depan pintu masuk.

Sejumlah massa ini mengusung selembar kain putih yang bertulisan tolak politisi kampus. Massa juga menggelar orasi secara bergilir yang mengecam tindakan rektor Unsyiah.

Dalam orasinya, mereka menyebutkan ada tiga peraturan yang telah dilanggar oleh Rektor Unsyiah, yaitu Undang-Undang No. 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas UU. No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Selain itu, orator demo tersebut juga disebutkan, pelanggaran Darni terhadap Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 24 tahun 2010 tentang Pengangkatan dan pemberhentian Rektor pada perguruan Tinggi yang Diselenggarakan oleh Pemerintah, serta Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (PKBKN) No. 10 tahun 2005 tentang PNS yang menjadi Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah.

”Kita menolak politisasi kampus. Saat ini Darni telah menggunakan fasilitas kampus untuk kepentingan pribadi,”ungkap Maulana, koordinator aksi (korlap) di akhir orasinya.

Demo ini berakhir pukul 00.43 WIB. Massa akhirnya membubarkan diri dengan tertib.[Abd]