Duel Penentu Penguasa Kota Manchester

0
139

Manchester-Bos Manchester City, Roberto Mancini, nampaknya memilih berhati-hati melontarkan pernyataan menjelang salah satu laga terpenting antara dua kubu klub bola kota Manchester yang akan bertemu petang nanti di stadiun Etihad waktu Jakarta, Sabtu (8/1).

Posisi United sedang tertekan akibat kekalahan dari dua laga sebelumnya.

Pertemuan dua klub ini ditunggu penggemar bola di seantero dunia, meski bukan untuk memperebutkan angka di klasemen sementara Liga Primer, tetapi untuk memperebutkan piala FA yang saat ini masih dipegang City.

Sejauh ini posisi United sedang terpuruk karena pada dua laga sebelumnya selalu kalah oleh tim non-unggulan di Liga Primer. Sebaliknya kubu City diuntungkan karena pekan lalu baru saja mencukur kubu Liverpool dengan angka fantastis 3-0.

City juga menyimpan kemenangan akbar saat menenggelamkan Red Devils, akhir Oktober lalu, dengan angka 6-1. Pertemuan hari ini adalah pertama kalinya antar dua kubu setelah pertemuan di kandang United itu.

Keberuntungan United dianggap juga makin tipis oleh belitan cedera yang menyerang sembilan pemain inti termasuk Nemanja Vidic, Ashley Young dan Jonny Evans. Pemain bertahan Chris Smalling diragukan sudah bisa merumput kembali, sementara Darren Fletcher dan Michael Owen masih akan absen beberapa lama.

Mancini mengatakan sangat memperhitungkan kekuatan United meski daftar cedera pajang mewarnai klub seterunya itu.

“Mereka jadi tim terbaik karean (meski) punya enam atau tujuh pemain yang cedera, mereka punya 24 pemain top,” kata MAncini kepada wartawan seperti dikutip Reuters.

“(United adalah) Adalah tim yang kuat dengan mental yang tangguh.”

Kubu Citizens sendiri akan turun tanpa abang-adik unggulan Kolo dan Yaya Toure, yang terpaksa absen karena bermain untuk Piala Afrika.

Sementara si berandal Mario Balotelli masih didera cedera engkel.

Menurut bos Manchester United, Sir Alex Ferguson, timnya tak akan panik menghadapi situasi ini meski setelah dua kali kalah berturut-turut mengahdapi Blackburn dan Newcastle United.

“Memang keuntungan ada di pihak Manchester City tapi ini kan pertandingan untuk Piala (FA) dan berlangsung antar tim sesama kota jadi apa saja bisa terjadi pada laga semacam ini,” tambah Sir Alex.

Laga ini juga dipandang penting bagi striker Wayne Rooney, yang sebelumnya membantah rumor yang menyebut dirinya akan pindah klub begitu jendela transfer bulan Januari dibuka.[bbc]