Empat Fraksi DPRA Setujui RAPBA Rp8,9 Truliun

0
311

Banda Aceh- Empat fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menyetujui pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (RAPBA) 2012 sebesar Rp8,9 triliun. Ke empat fraksi tersebut, yakni Fraksi Partai Aceh, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, dan Fraksi PPP-PKS, menyampaikan persetujuannya dalam sidang paripurna di gedung DPRA, Selasa (31/1).

Ketua Fraksi Partai Aceh Fraksi Partai Aceh Tgk HM Ramli Sulaiman dalam pendapat akhir fraksinya menyatakan, apa yang disetujui ini diharapkan bisa dijalankan sesuai kesepakatan eksekutif dan legislatif.

“Kami juga mengharapkan eksekutif mengakomodir sasaran Fraksi Partai guna mendorong percepatan pembangunan, terutama kawasan tertinggal,” katanya.

Sementara, Ketua Fraksi Partai Demokrat Muhammad Tanwir Mahdi mengharapkan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dibiayai APBA 2012 harus berjalan maksimal, sehingga terwujud kesejahteraan rakyat.

“Program pemberdayaan masyarakat ini harus menjadi prioritas, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat,” ujarnya

Juru bicara Fraksi PPP-PKS Fuady mengingatkan eksekutif Pemerintah Aceh selaku pengelola anggaran agar menggunakannya seefisien mungkin dan digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

“Selain itu, kami juga mengingatkan eksekutif sebagai pengelola anggaran untuk konsisten mengimplementasikan anggaran sesuai program yang disepakati,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Tim Perumus Anggaran DPRA Abdullah Saleh mengatakan, sebelumnya eksekutif Pemerintah Aceh mengajukan RABA 2012 sebesar Rp8,6 triliun.

Namun, setelah pembahasan terjadi penambahan mencapai Rp330 miliar. Penambahan itu untuk menampung program yang belum terakomodir dalam RABA tersebut.

“Penambangan anggaran ini terjadi karena adanya peningkatan pendapatan seperti bersumber dari dana perimbangan, dana otonomi khusus, maupun sumber lainnya,” ungkap Abdullah Saleh.[Ant]