Gerhana Bulan, Warga Atim Heboh

0
258

Idi – Warga Aceh Timur, Sabtu (10/12) sekira pukul 20.30 WIB, dihebohkan dengan fenomena alam gerhana bulan. Bulan yang sebelumnya terlihat terang tiba- tiba hilang di langit. Warga yang mengetahui hal itu beramai-ramai keluar rumah untuk menyaksikan kejadian alam tersebut.

Menurut warga, gerhana bulan dengan cara menghilang tiba- tiba merupakan yang terlama sepanjang sejarah yang ada. Sampai berita ini ditulis pukul 21.50 WIB, warga di kawasan Idi Rayeuk berkumpul di masjid dan mengumandangkan azan. Sementara hal yang sama juga dilakukan di Peureulak dan sekitarnya. “Terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, ini warga sedang azan di masjid,” kata Basri kepada AcehCorner.Com

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pantai Barat Aceh meminta masyarakat tidak panik adanya prediksi gerhana bulan total, Sabtu (10/12/2012) mulai pukul 18.33 sampai 00.30 WIB, yang akan jelas terlihat di wilayah itu.

Gerhana bulan penuh itu fenomena alam dan tidak ada efek buruk bagi masyarakat, tidak usah panik. “Gerhana bulan penuh itu fenomena alam dan tidak ada efek buruk bagi masyarakat, tidak usah panik,” kata Kepala BMKG Pantai Barat Aceh, Edi Darlupti, sebagaimana dilansir sejumlah media massa.

Pernyataan tersebut menyikapi adanya hasil observasi gerhana bulan penuh akan tampak terlihat jelas di wilayah Indonesia bagian barat selama 51 menit 8 detik pada pukul 18.33 WIB. Masyarakat luas dapat menyaksikannya dengan kasat mata[]