Gubernur Aceh Segera Resmikan Proyek Strategis di Lima Titik

0
276

Banda Aceh- Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, dari tanggal  24 s/d 30 Januari 2012 direncanakan akan melakukan peresmian dan serah terima  sejumlah proyek strategis yang bersumber dari APBN dan APBA tahun 2008-2011 di lima lokasi di Aceh.

Kelima lokasi peresmian dan serah terima  proyek-proyek strategis tersebut adalah Tangse (Pidie),  Kota Lhokseumawe,  Kuala Idi (Aceh Timur), serta Blangkejren (Gayo Lues),  serta  Kota Banda Aceh.

Proyek-proyek yang akan diresmikan  tersebut  bersumber dari APBN dan APBA 2011, sedangkan yang akan diserahterimakan  kepada Pemerintah Kabupaten/Kota adalah  sejumlah proyek-proyek strategis yang bersumber dari APBN dan APBA 2008-2011.

“Proyek-proyek yang akan diserahterimakan kepada Kab/Kota ini adalah proyek yang telah siap dan fungsional. Penyerahan dari Pemerintah Aceh kepada Pemerintah Kab/Kota  penting  dilakukan karena di samping proyek tersebut berada di Kab/Kota juga agar selanjutnya operasionalisasi dan perawatan proyek-proyek tersebut dapat ditangani Pemerintah Kab/Kota,” ujar Kabag Humas Pemerintahan Aceh, Usamah El Madny, Minggu (22/1).

Lanjut Usamah, akhir dari road show peresmian proyek-proyek strategis tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2012 dengan lokasi di Jembatan Santan, Kota Banda Aceh.

Di Banda Aceh, Gubernur secara simbolis akan meresmikan  sejumlah proyek yang terletak  di sebelas kab/kota yaitu Aceh Besar, Aceh Jaya, Banda Aceh, Sabang, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Aceh Selatan, Simeulu, Singkil dan Subulussalam.

“Proyek-proyek dari sebelas kabupaten/kota yang akan diresmikan tersebut meliputi  Jembatan Santan Banda aceh, Jembatan lambaro (Penggandaan) Aceh Besar, jalan Terusan Panglima Nyak Makam, jalan akses New Town Banda Aceh, jembatan Krueng Gapa, jembatan krueng Meurhak Aceh Jaya, Retention Basin Lam Jame Banda Aceh, gedung pengujian kenderaan bermotor Aceh Besar, Jembatan alue Akie Nagan raya, jembatan Lama Tuha Abdya,  Jalan RR Lanting Labuhan Bajo Simeulu, Jalan Naserehe-Langi Simeulu, Pesantren Terpadu Singkil, Pesantren terpadu  Subulussalam, 120 munit  Perumahan Korban Bencana Singkil. Juga pada kesempatan tersebut akan diserahterimakan 2670 unit RSS,” rincinya.

Pemilihan lima lokas peresmian dan serah terima proyek-proyek strategis APBN/APBA 2008-2011 tersebut, dimaksudkan untuk mempersingkat waktu dan memperpendek jarak.

“Proyek-proyek di kab/kota, baik yang bersumber dari APBN maupun APBA memang harus segera diserahterimakan Gubernur kepada Bupati/walikota agar ada kepastian pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan dan perawatan selanjutnya,” lanjut Usamah dalam siaran persnya pada Aceh Corner.

“Dengan telah diserahterimakan proyek-proyek tersebut, selanjutnya menjadi kewenangan kabupaten/kota untuk mendayagunakan proyek-proyek tersebut sebaik mungkin untuk kebaikan dan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.[release]