Hasil Rapat MUNA: Tunda Pilkada!

0
63

Banda Aceh – Rapat para ulama yang dihadiri pengurus Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) seluruh Aceh dan Pengurus RASA di Asmara Haji, Minggu (23/10) menyerukan agar pelaksanaan Pilkada Aceh merujuk pada Undang-undang Pemerintah Aceh (UUPA).

“Tidak boleh dilaksanakan Pilkada di Aceh sebelum konflik regulasi selesai,” demikian sikap para ulama dalam seruannya yang ditujukan kepada seluruh rakyat Aceh, dan diterima Acehcorner.com, Senin (24/10) malam.

Selain meminta Pilkada sesuai UUPA, para ulama juga meminta semua pihak menghormati isi perjanjian damai yang telah disepakati antara RI dan GAM seperti tertuang dalam MoU Helsinki.

“Jadi semua elemen yang ada di Aceh maupun luar Aceh kami minta tidak mengeluarkan statemen yang dapat memperkeruh suasana perdamaian,” seru mereka.

Mereka juga meminta masyarakat Aceh agar selalu berdoa agar perdamaian Aceh terjaga dan tak mudah dihasut, difitnah dan apalagi sampai bermusuhan.

“Kami memohon kepada masyarakat agar berdoa di setiap tempat untuk keselamatan MoU Helsinki, UUPA  dan perdamaian hakiki di bumi Aceh,” tegas mereka dalam pernyataan sikap yang diterima Acehcorner.com, kemarin.

Informasi yang diterima Acehcorner.com menyebutkan, rapat tersebut selain dihadiri pengurus MUNA, juga hadir dari RASA, MPU dan HUDA.

Namun, Sekretaris Jenderal HUDA, Tgk Faisal Ali, saat ditanyakan kebenaran soal keputusan rapat tersebut mengaku tidak tahu menahu. “Hana lon tupue, yang jelas HUDA hana kamoe tupue,” jawabnya melalui pesan singkat, Senin (24/10) malam.

Tgk Faisal Ali juga membantah pihaknya dari HUDA ikut dalam rapat tersebut. Menurut dia, HUDA tidak ikut dalam rapat. “Kemungkinan MPU hana cit,” ujar Tgk Faisal Ali yang akrab disapa Lem Faisal.

Ketika Acehcorner.com mengonfirmasi pengurus MUNA, Tgk Ali, terkait hasil rapat tersebut, hingga berita ini diturunkan belum menjawab pesan singkat yang dikirimkan.

Sementara aktivis MUNA, Tgk Ahmadi Matang Lada, ketika dikonfirmasi Acehcorner.com membenarkan adanya rapat. “Menurot info na rapat tapi pue keuh bak asrama haji, kureung loen tupue,” ujarnya sembari mengaku sudah lama tidak mengikuti lagi aktivitas MUNA. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here