PERSADA Selenggarakan Sosialisasi Beasiswa Ke Jepang

0
133

Banda Aceh-Perhimpunan Alumni dari Jepang Daerah Aceh (PERSADA ACEH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia (Embassy of Japan in Indonesia), Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Japan Student Services Organization (JASSO) selenggarakan sosialisasi, cara melanjutkan pendidikan dan memperoleh beasiswa ke Jepang.

Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan Festival Kebudayaan Jepang  (BUNKASAI 2012)  Selasa (13/3) di Gedung AAC Dayan Dawood, Kampus Unsyiah, Darussalam , Banda Aceh dari jam 9.30 -17.00 WIB.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasi tentang tata cara melanjutkan pendidikan ke Jepang, kehidupan di Jepang dan memberikan berbagai informasi jenis beasiswa yang  disediakan, baik oleh Pemerintah Jepang maupun pihak swasta di Jepang bagi para pelajar dan guru yang berasal dari Aceh (Indonesia). Termasuk di dalamnya beasiswa program untuk melanjutkan pendidikan  Diploma 3 (D3), Sarjana (S1), Pasca Sarjana (Master (S2) dan Doktor (S3) di Jepang,  Pelatihan guru,  Pertukaran Pelajar (SMU) dan  Pertukaran Mahasiswa,” beber Humas Pengurus Alumni Dari Jepang Daerah Aceh (PERSADA-ACEH), Dr. Muliadi Ramli, M.Si, Selasa (7/3).

Presentasi studi,  beasiswa dan  sistem pendidikan di Jepang nantinya akan disampaikan langsung oleh perwakilan resmi Kedutaan Besar Jepang, di Jakarta atau Konsulat Jenderal Jepang di Medan dan pihak Japan Student Services Organization (JASSO) dari Tokyo, Japan serta alumni PERSADA. Sedangkan dalam Festival Kebudayaan Jepang (Bunkasai), katanya, akan ditampilkan berbagai kegiatan terkait budaya dan masyarakat Jepang.

Antaranya, pameran benda seni Jepang, foto Yukata (Kimono musim panas), pameran Bonsai dan Suiseki, nonton film Jepang, demo masakan dan bazar makanan/minuman Jepang, lomba mewarnai dan  antraksi kesenian Jepang diantaranya aikido, aneka tarian dan paduan suara.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, Dr. Farid Mulana (Ketua PERSADA ACEH) bersama Dr. Asri Gani (Ketua pelaksana), Dr. Muliadi Ramli, M.Si (Wakil Ketua) dan Dr. Hesti Meilina (Sekretaris), mengundang seluruh masyarakat Aceh, khususnya bagi generasi muda Aceh yang ingin melanjutkan studi ke universitas di Jepang untuk dapat hadir dalam kegiatan tersebut nantinya.

“Sebagai penutup kegiatan Bunkasai 2012, khusus Alumni Jepang pada malam harinya pada tanggal 13 Maret 2012. Ditempat yang sama, juga akan diadakan acara Tsudoi (ramah tamah) dengan Konjen Jepang di Medan, beserta seluruh anggota  rombongannya. Kegiatan Tsudoi ini nantinya juga akan dihadiri oleh Rektor Unsyiah beserta tamu undangan lainnya.”[rel]