Perwira Tinggi Suriah Dibunuh di Damaskus

0
146

Damaskus-Kantor berita resmi Suriah melaporkan orang-orang bersenjata membunuh seorang perwira tinggi militer hari Sabtu (11/2) di ibukota, Damaskus.

Pembunuhan Brigjen Isa al-Khawli diperkirakan sebagai pembunuhan pertama terhadap tokoh militer sejak dimulai pergolakan menentang Presiden Bashar al-Assad Maret 2011.

Isa al-Khawli, lapor kantor berita Sana, ditembak mati oleh tiga teroris bersenjata yang mengintainya di luar kediaman al-Khawli di Rukn al-Din, Damaskus bagian utara.

Al-Khawli menjabat sebagai direktur Rumah Sakit Militer Hamish, Damaskus. Sana tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai penembakan tetapi menerbitkan foto jenazah seorang pria berlumuran darah yang tampaknya terkena tembakan di leher.

Sampai sekarang belum ada individu atau kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan al-Khawli.

Peristiwa ini terjadi sehari setelah media resmi melaporkan bahwa 28 orang tewas dalam serangan bom mobil bunuh diri di kota Aleppo.

Televisi pemerintah menuding pengeboman dilakukan oleh “kelompok-kelompok teroris bersenjata” dengan sasaran kompleks Intelijen Militer dan pangkalan polisi antihuru-hara.

Al Qaida

Serangan juga menewaskan warga sipil yang berada di sekitar lokasi kejadian, termasuk anak-anak.

Wakil Kepala Tentara Pembebasan Suriah, kelompok tentara yang membangkang, mengatakan kepada BBC bahwa para pejuangnya beroperasi di kawasan pada saat itu tetapi tidak melakukan peledakan.

Wartawan BBC Jim Muir melaporkan para pejabat Amerika dikutip mengatakan serangan-serangan bom baru-baru ini di Damaskus dilakukan oleh militan al Qaida cabang Irak.

“Bila hal itu benar, serangan sebelumnya dan serangan kali ini bisa menjadi tanda tak menyenangkan bahwa al Qaida turut bergabung dalam pergolakan menentang rezim Suriah,” lapor Muir.

Sebagian besar kubu oposisi, lanjutnya, tidak akan menyambut keterlibatan al Qaida dalam perjuangan mereka karena selama berbulan-bulan mereka bersusah payah menjaga demonstrasi tetap berjalan damai.[bbc]