Ruas Jalan Calang-Meulaboh Tuntas Akhir 2012

0

Banda Aceh– Ruas jalan Calang-Meulaboh sepanjang 100 kilometer, dijadwalkan akan tuntas akhir 2012. Sementara untuk persil tanah yang belum dibebaskan, akan segera diselesaikan pembayarannya pada April tahun ini.

“Untuk ruas jalan 100 kilometer ini, sepanjang 53 kilometer, berada di ruas jalan Calang – Teunom, dan pembangunannya menggunakan dana dari APBN. Sementara, ruas jalan Teunom – Meulaboh sepanjang 47 kilometer, pembangunannya didanai MDF,” jelas Kepala Bappeda Aceh, Ir.Iskandar, M.Sc, Senin (27/2).

Disebutkannya, ruas jalan ini merupakan lanjutan dari pengerjaan ruas jalan Banda Aceh-Meulaboh sepanjang 250 kilometer, yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami 2004 silam.

“Dari ruas jalan yang tengah dikerjakan, masih ada persil tanah masyarakat yang belum selesai pembayaran ganti ruginya. Untuk pembebasan tanah pada ruas Teunom-Arongan-Lambalek, Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana dalam APBA 2012 sebesar Rp 15 miliar,” terang Iskandar.

Lebih lanjut menurut Iskandar, tim provinsi telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Aceh Barat, guna melakukan pengukuran setiap persil tanah yang terkena pembebasan.

“Pemerintah kabupaten juga sudah melakukan pertemuan dengan masyarakat pemilik lahan, dan para pemilik tanah sudah memberikan surat pernyataan kesediaan tanahnya dibebaskan,” papar Iskandar.

Pemerintah Aceh juga terus melakukan koordinasi dengan Multi Donor Fund (MDF) yang mendanai ruas jalan Teunom-Meulaboh. Deputi MDF, Safriza Sofyan menyatakan, koordinasi dengan Pemerintah Aceh termasuk di dalamnya pemerintah kabupaten, terus dilakukan.

“Keberhasilan program-program MDF karena didukung sepenuhnya oleh pemerintah.  Melalui serangkaian kemitraan, MDF telah berhasil memberikan kontribusi terhadap kebutuhan rekonstruksi dan pemulihan Aceh dan Nias. Karenanya kita berharap, dengan kemitraan yang baik ini, ruas jalan yang dibangun dapat selesai tepat pada waktu,” ujarnya.

Menurut Safriza, MDF tetap berkomitmen untuk menuntaskan program pembangunan jalan ini sampai tuntas. Dijadwalkan, pembangunan ruas jalan harus selesai Desember 2012,  seiring berakhirnya mandat MDF.

“Untuk program infrastruktur jalan secara keseluruhan, MDF telah membangun sekitar 700 kilometer jalan nasional,  provinsi, dan kabupaten dan hampir 3.000 kilometer jalan desa,” tandasnya.[]