Beranda Inforial Sabun Transparan ADEV Natural, Rahasia Kecantikan Ratu Cleopatra

Sabun Transparan ADEV Natural, Rahasia Kecantikan Ratu Cleopatra

1552

Awalnya saya tidak tahu apa pun tentang Sabun Transparan Adev Natural yang sedang naik daun itu. Pemahaman saya mengenai sabun kecantikan hasil produksi dari PT Adev Natural ini sedikit terbantu setelah membaca informasinya melalui situs adev natural.

Mengapa Gaius Julius Caesar jatuh cinta kepada Cleopatra? Jangan-jangan karena pengaruh Sabun Transparan Adev Natural yang digunakan sang Ratu Mesir itu, bukan?

Robert Harris dalam novelnya, Conspirata, menulis bahwa Cleopatra sang Ratu Mesir itu terkenal karena parasnya yang cantik, dan hampir tak ada yang meragukan kecantikannya. Kecantikan itu pula yang membuat Julius Caesar tidak bisa tidur nyenyak, dan sang Kaisar Romawi itu selalu memendam hasrat mempersuntingnya.

Konon, Caesar pertama kali melihat Cleopatra ketika dibawa ke Roma oleh ayahnya. Cleopatra masih seorang gadis belia kala itu, dan tanda-tanda kecantikannya mulai tampak. Sejak itulah Caesar terpikat oleh kecantikan gadis dari negeri Firaun ini. Meski berstatus suami dari anak perempuan Pompeius, Caesar tetap mencari cara mengawini Cleopatra.

Saya tidak tertarik pada kisah bagaimana Caesar memenuhi keinginannya menikahi Cleopatra, melainkan pada mengapa Ratu Mesir mampu membuat sosok berpengaruh dari Triumvirat Romawi itu tergila-gila padanya. Pertanyaan inilah yang merangsang saya mencari tahu.

Jawabannya saya temukan pada laman realmofhistory.com seperti dikutip oleh situs adev natural, bahwa sabun tertua mulai digunakan oleh pendeta Sumeria untuk tujuan ritual.

Disebutkan, sebelum melakukan upacara sakral, mereka lebih dulu membersihkan diri dengan sabun. Tidak cuma itu, beberapa versi sabun mulai dimodifikasi dan digunakan untuk mengobati penyakit kulit.

Sejarah pembuatan sabun kecantikan

Sekitar 1500 SM, bangsa Mesir kuno merancang teknik dan metode untuk meramu komponen seperti sabun, caranya mencampur alkali dengan minyak. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa spesimen papirus. Boleh jadi tradisi menggunakan sabun transparan inilah yang membuat wanita Mesir memiliki kulit dan paras yang aduhai.

Kemudian, bangsa Neo-Babylonia memperbaiki resep sabun ‘washing-stone’. Mereka menggabungkan abu, ekstrak cypress dan minyak wijen, pada abad ke-6 SM. Ratusan tahun kemudian, proses pembuatan sabun kecantikan terus diperbaharui, untuk menghasilkan produk sabun kecantikan yang benar-benar dibutuhkan umat manusia.

Salah satunya adalah seperti yang dilakukan PT. Adev Natural Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Maklon Kosmetik dan Personal Care. Perusahaan ini memproduksi Sabun Transparan ADEV Natural, produk sabun kecantikan yang berguna bagi perawatan kulit agar terlihat cantik dan bersinar.

Sebagai perusahaan jasa maklon kosmetik dan sabun kecantikan di Indonesia, PT ADEV Natural Indonesia yang berkantor di Bogor ini mengusung slogan “Solusi Kosmetik Legal”. Perusahaan ini berusaha menyediakan jasa pembuatan produk kecantikan customize (sesuai permintaan customer). UMKM yang sudah punya merek dan produk (sabun) tapi kesulitan untuk memproduksinya akan dibantu oleh PT ADEV Natural Indonesia, sehingga mereka bisa menjual produk kosmetik yang legal.

Setiap produk maklon di PT. ADEV Natural Indonesia dibantu proses perizinannya di lembaga terkait seperti Badan POM & LP POM MUI. Hal ini dilakukan sebagai usaha penyadaran publik untuk menggunakan produk asli, bukan produk KW atau palsu yang bisa jadi mengandung bahan kosmetik berbahaya.

sabun transparan adev natural
sabun transparan (foto: adevnatural.com)

Lalu, apa beda sabun transparan adev natural dan sabun biasa? Pertama, tentu saja dari penampilan fisik. Meski proses pembuatannya sama, sabun transparan terlihat lebih bening dibandingkan dengan sabun biasa. Kedua, dari sisi bisnis. Sabun bening atau transparan dianggap sebagai sabun kecantikan yang memiliki nilai bisnis fantastis.

Bahan Pembuatan Sabun Transparan

Produk sabun kecantikan adev ini diformulasikan dari bahan-bahan alami yang cocok untuk kulit dan tentu saja aman digunakan. Sabun transparan dibuat dari minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil) yang berguna untuk perawatan wajah, seperti lazim digunakan pada zaman Cleopatra dulunya.

sabun transparan adev natural
Bahan baku pembuatan sabun (foto: adevnatural.com)

Apa saja bahan untuk pembuatan sabun transparan adev natural? Menurut informasi dari situs adevnatural.com, bahan untuk membuat sabun terdiri atas bahan baku (dasar) sabun dan bahan pembantu (pendukung, penolong). Bahan baku untuk pembuatan sabun cair atau sabun batang sebenarnya sama, yaitu minyak (lemak) dan alkali (basa, lye).

Perbedaan keduanya terletak pada penggunaan jenis alkali dalam proses reaksi penyabunan. Untuk sabun cair, alkali yang digunakan berjenis KOH (Kalium atau potasium hidroksida), sementara untuk sabun batangan menggunakan jenis alkali NaOH (Natrium atau sodium hidroksida).

Lalu, apa bahan alami pembuatan sabun? Dari informasi yang saya baca, minyak atau lemak merupakan bahan alami pembuatan sabun. Asam lemak sendiri adalah komponen penyusun lemak/minyak. Inilah bahan baku alami pembuatan sabun, termasuk sabun transparan adev natural yang sedang kita bicarakan ini.

Asam lemak ini bersama gliserol membentuk trigliserida, dan trigliserida ini kemudian dicampur dengan alkali untuk menghasilkan reaksi kimia yang membentuk garam (sabun). Reaksi ini dikenal dengan reaksi penggaraman atau penetralan. Karena tujuannya membentuk sabun, maka reaksinya disebut dengan reaksi penyabunan.

Pembuatan Sabun Transparan Adev Natural

Perbedaan minyak dan lemak terletak pada segi bentuk fisiknya. Pada suhu ruang, lemak cenderung berbentuk padat (solid) sedangkan minyak berbentuk cair (liquid). Perbedaan lainnya terletak pada asal bahan tersebut berasal. Lemak umumnya diperoleh dari hewan (animal), sedangkan minyak diekstrak dari tanaman.

Untuk membuat sabun jadi transparan, kristal di dalam sabun dilarutkan terlebih dahulu menggunakan pelarut sehingga agar ukuran kristal menjadi sangat kecil. Ukuran kristal yang kecil tersebut membuat cahaya dapat menembusi sabun dengan bebas. Inilah alasan mengapa sabun terlihat transparan (transparent).

Tidak ada ukuran pasti tentang berapa jumlah pelarut yang dibutuhkan untuk membuat sabun menjadi transparan. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menemukan jumlah pelarut tersebut adalah dengan menggunakan rasio (perbandingan). Anda bisa memulainya dengan rasio pelarut dan sabun adalah 60:40. Selanjutnya Anda bisa bereksperimen dengan rasio pelarut sabun adalah 50:50 dan seterusnya.

Sabun transparan adalah salah satu jenis sabun unik karena tembus pandang yang digunakan untuk perawatan wajah dan badan. Sabun kecantikan jenis ini memiliki kelebihan dalam hal penampilannya yang transparan atau tembus cahaya sehingga menarik mata pelanggan.

Kelebihan ini pula sekaligus menjadi kekurangan sabun transparan adev natural. Anak kecil misalnya pasti akan menyukai sabun ini dan menganggapnya sebagai lilin, atau juga makanan. Bentuknya yang bening dan menggemaskan itu mendorong mereka untuk memakannya. Karenanya, sabun kecantikan ini perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Dari penjelasan di atas, setidaknya kita sudah tahu jangan-jangan rahasia kecantikan Cleopatra yang menghipnotis Julius Caesar itu karena pengaruh sabun kecantikan, yang menginspirasi lahirnya sabun transparan!