Survei ORI: Muhammad Nazar Masih Memimpin

0
187
Peneliti ORI Marta Hadi dan Budi Azhari memaparkan hasil survei di The Palace Caffe Lamnyong, Banda Aceh, Rabu (2/11) - Putra Sahara

Banda Aceh  – Bakal Calon Gubernur yang diusung Partai Demokrat, PPP dan SIRA H Muhammad Nazar masih memimpin sebagai kandidat dengan elektabilitas tinggi. Hal tersebut terungkap dalam pemaparan hasil survei terbaru yang dilakukan Occidental Research Institute (ORI) di The Palace Caffe,  Banda Aceh, Rabu (2/11).

Mantan aktivis SIRA memimpin dengan perolehan 53,1 % suara, diikuti Irwandi Yusuf (40,6 %), dan Teungku Ahmad Tajuddin (3,9 %). Sementara responden yang belum menentukan pilihan sebesar 2,4 %.

Survei ORI dilakukan sejak 5-31 Oktober 2011 di 22 Kabupaten/Kota dengan melibatkan 3,960 responden, dengan pengambilan sampel 180 orang per Kabupaten/Kota. Sampel didasarkan pada karakteristik kecaman kota, pedalaman dan kecamatan pinggiran.

Peneliti ORI, Marta Hadi menjelaskan, jumlah sampel yang dipilih sebanyak tiga kecamatan per Kabupaten. “Setiap Kecamatan kita pilih 3 desa dengan responden masing-masing desa sebanyak 20 orang,” katanya.

Marta Hadi menambahkan, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara face to face berdasarkan form wawancara yang disediakan committee. “Surveyor mendatangi setiap responden sesuai kriteria dengan memberitahukan maksud dan tujuan survei,” katanya.

Menjawab pertanyaan seorang wartawan apakah responden yang diwawancarai ORI sama? Budi Azhari, peneliti senior ORI menjawab bahwa responden yang dipilih tidak pernah sama dengan respoden pada survei-survei sebelumnya.

“Kami tidak melakukan interview pada orang yang sama,” jawabnya. []

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here