UI Siapkan Lima Beasiswa untuk Jurnalis

0
159

Depok – Universitas Indonesia (UI) menyiapkan beasiswa untuk lima orang jurnalis guna melanjutkan pendidikan pascasarjana di kampus kuning tersebut. “Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak hari ini hingga tanggal 25 November 2011,” kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Depok, Jabar, Senin (10/10).

Menurut dia program beasiswa magister (S2) disiapkan bagi para jurnalis. Program beasiswa ini merupakan hasil kerja sama UI dengan industri dan BUMN.”UI bekerja sama dengan industri memutuskan kesempatan untuk wartawan kuliah di UI, tentunya harus lulus tes terlebih dahulu,” katanya.

Gumilar menambahkan tes yang akan diuji bagi para wartawan yakni berupa tes TPA atau psikologi test, serta kemampuan Bahasa Inggris. Ia yakin banyak wartawan yang mampu lulus tes tersebut.

Dikatakan pihaknya sudah sepakat dengan Rahmat Gobel untuk menyiapkan lima beasiswa bagi wartawan, kalau ternyata lulus semua, itu tugas kami kerja keras mencari industri lainnya untuk menanggung beasiswa lainnya, jadi tak hanya lima wartawan yang dapat kuota, bisa lebih.

Sementara itu Wakil Rektor I Bidang Akademik UI Muhammad Anis mengatakan beasiswa S2 tersebut akan ditanggung sepenuhnya bagi wartawan apabila berhasil lulus tes ujian masuk. Namun setiap wartawan akan dikenakan biaya pendaftaran Rp 500 ribu.

Dikatakannya pendaftaran sudah dibuka di gedung Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu PPMT, atau bisa dilakukan secara online yakni di http://pemerimaan.ui.ac.id.

“Saya harap para wartawan bisa berkompetisi mengikuti saringan ujian masuk, program studinya bebas memilih,” katanya. [Antara]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here