Wikipedia Akhirnya Ubah Tampilan, Begini Penampakannya

0
139
Tampilan baru Wikipedia

Bagaimana rupa Wikipedia, situs ensiklopedia virtual di dunia, itu ketika mengubah wajah dan tampilan untuk pertama kalinya. Semua kita pasti penasaran dan pada akhirnya, kita pun akan familiar dengan tampilan baru mereka.

Seolah-olah 2020 belum cukup mengguncang, ketika Wikipedia mendapatkan perubahan untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Informasi perubahan situs Wikipedia kami dapatkan dari blog Mashable.com yang memang khusus mengulas tentang trend teknologi.

Desain ulang situs web sangat terkenal dan lazim dilakukan oleh situs besar dan terkenal. Pengguna bukanlah penggemar antarmuka baru Facebook ketika diluncurkan dan pengguna Instagram membenci umpan non-kronologis.

Wikimedia Foundation, perusahaan induk Wikipedia, mengklaim bahwa mereka ingin mengubah penampilan mereka menjadi lebih modern sambil memberikan pengalaman yang lebih mulus dan menyenangkan bagi semua pengguna Wikipedia, lama atau baru.

Sebagai pengguna, kita tidak perlu khawatir karena mereka berjanji akan mempertahankan tampilan ikonik Wikipedia mereka. Desain ulang terutama akan terdiri dari beberapa sentuhan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

“Kami perlu menyediakan tidak hanya konten yang sangat baik dan pengalaman yang menarik dan mudah digunakan, tetapi juga pengalaman yang setara dengan persepsi mereka tentang situs yang modern, dapat dipercaya, dan ramah,” dikutip dari situs web Wikimedia.

“Kami ingin menciptakan pengalaman yang terasa serupa dengan pengguna lama kami, namun langsung, dan intuitif untuk orang baru,” lanjut mereka.

Salah satu fitur yang lebih menarik adalah daftar isi. Pembaruan akan membuatnya lebih mudah untuk melompat ke bagian artikel yang diinginkan daripada menggulir blok teks:

Begini penampakan tampilan Wikipedia. Foto: Mashable.com

Fitur pertama yang akan diperkenalkan Wikipedia ke situsnya adalah bilah sisi (sidebar) yang dapat diciutkan, memungkinkan pengguna menutup menu samping dengan mudah dan menjelajahi tanpa gangguan:

Sidebar Wikipedia
Tampilan sidebar Wikipedia. Foto: Mashable.com

Mereka juga akan menambahkan perbaikan pada fungsi pencarian, membuatnya lebih mudah untuk menemukan halaman lain dengan menggunakan daftar drop-down:

Drop-down Wikipedia
Tampilan drop-drown Wikipedia. Foto: Mashable.com

Desain dan perubahan tampilan akan diperkenalkan ke Wikipedia secara perlahan selama periode waktu tertentu, jadi mungkin perlu waktu hingga seluruh situs web diubah. Wikimedia juga mengizinkan pengguna untuk menguji fitur-fitur sebelum diluncurkan secara resmi.

Wikimedia berencana untuk mendesain ulang sepenuhnya versi desktop Wikipedia pada tahun 2021. Jadi jangan khawatir, kita akan punya banyak waktu untuk berduka atas perubahan tersebut.

Perubahan akan diluncurkan secara bertahap dan Anda dapat melihat fitur baru yang diusulkan di kiriman MediaWiki ini.

Source: Mashable.com

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here