AJI Banda Aceh akan Gelar Konferta

0
187

Banda Aceh– Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh akan mengelar Konferensi Kota (Konferta) ke VI, Minggu (19/2). Konferta ini akan dimaksimalkan sebagai sarana konsolidasi organisasi, termasuk di dalamnya pemilihan Ketua dan Sekretaris AJI Kota Banda Aceh untuk periode 2012-2015 menggantikan kepengurusan Mukhtaruddin Yakop dan Nursafri.

Ketua Panitia Konferta Banda Aceh Misdarul Ihsan mengatakan, panitia sudah mempersiapkan dan merampungkan semua kebutuhan Konferta AJI Banda Aceh 2012, termasuk seminar tentang New Media, akan tetapi jadwal seminar ini akan digeser pada Maret mendatang.

“Persiapan ini sudah dilakukan sebulan sebelum berlangsungnya konferta, rencana awal kita menggelar seminar New Media, namun harus ditunda sementara karena ada nara sumber dari Jakarta yang tidak bisa hadir ke Banda Aceh,” ujar Ihsan, Selasa (14/2), di Banda Aceh.

Sejak dua bulan terakhir kata Ihsan, suksesi ketua AJI Banda Aceh sudah memanas di kalangan pengurus, namun sampai saat ini baru pasangan Maimun Saleh (Koran SINDO) dan Misdarul Ihsan (RCTI) sudah siap mencalonkan sebagai ketua AJI.

“Nama-nama lain yang saat ini muncul, seperti Ardiansyah dan Muhammad Riza Nasser, Suparta akan berpasangan dengan Heri Juanda dan Salman Mardira berpasangan dengan Alaidin Ikrami dan nama-nama lain bakal muncul dikemudian hari. Tapi mereka ini belum mendaftar ke panitia,” katanya.

Tetapi tidak tertutup kemungkinan Mukhtaruddin, yang merupakan koresponden SCTV di Banda Aceh akan maju lagi sebagai calon ketua. Apalagi incumbent mendapat dukungan dari kalangan senior AJI Banda Aceh karena selama tiga tahun kepemimpinannya banyak program yang dilaksanakan.

“Kita berharap kepemimpinan Mukhtar dilanjutkan demi kemajuan organisasi dan sekaligus dapat menjalin hubungan baik dengan mitra AJI Banda Aceh,” ujar seorang anggota AJI yang sangat berharap agar Mukhtaruddin mau maju lagi untuk memimpin tiga tahun ke depan.

Lebih lanjut Ihsan mengatakan, masing-masing pasangan calon ketua AJI 2012-2015 perlu mengisi formulir yang sudah disiapkan oleh panitia, pengisian formulir ini sejak tanggal 10 s/d 19 Februari.

“Kawan-kawan anggota AJI yang ingin mencalonkan diri jadi ketua dan sekretaris dapat mengambil Formulir di Kantor AJI Banda Aceh” Katanya.

Sekretaris Panitia Zulkarnaini Muchtar menjamin saat kampanye dan pemilihan nanti, panitia tetap pada menposisikan netral. Tidak mendukung kepada calon manapun, “Meski Ketua Panitia Misdarul Ihsan ikut dalam bursa pencalonan sebagai kandidat, kami tetap berkomitmen agar konferta ini berjalan wajar,tanpa intervensi dan kecurangan,” ujar Zulkarnaini Muchtar.

Hingga saat ini AJI Kota Banda Aceh, memiliki 52 orang Anggota dan semua anggota tersebut memiliki hak suara baik untuk memilih maupun dipilih.[]