Pelatih Latin PSSB, Pu Eungkot?

0
119

PSSB Bireun resmi mengontrak Simon Pablo Elissetche Correa sebagai pelatih kepala musim 2011/2012. Dilihat dari track record kepelatihannya, pelatih asal Chile itu tidak pantas menukangi tim Batee Kureng. Beberapa teman bahkan menyindir, pu eungkot pelatih nyan?

Hasrat managemen PSSB merekrut entrenador asing hendak menaikkan moral dan kualitas tim yang masih hijau di tengah kepungan tim lainnya yang bermaterikan pemain senior asing maupun lokal. Tapi, mengapa pilihannya jatuh kepada pelatih yang sedang menangani SSB Bagantara Football Academy, Makassar?

Merekrut seorang pelatih tidak cukup dengan sekadar bahwa incaran dianggap bagus oleh sebagian orang. Track record-nya harus menjadi acuan utama. Tim apa yang dilatih, berapa lama, dan apa yang dipersembahkan untuk tim asuhannya. Curriculum Vitae-nya harus meyakinkan, jika tidak benar-benar meyakinkan.

Mencari pelatih tidak boleh asal comot. Jangan sampai gara-gara ingin dilatih pelatih asing, lalu kita mengabaikan kualitas. Jangan pula lantaran Muarrif cs. pernah berlatih di Amerika Latin, lalu kita memaksakan diri mencari pelatih Latin padahal kualitasnya bertanda tanya. Can meuramah PSSB.

Logika orang sederhana saja. Andai Simon pelatih yang bagus tentu PSM Makassar yang sedang berjuang di kasta tertinggi LPIS, akan menggunakan jasanya. Tetapi nyatanya PSM malah menggunakan jasa pelatih Peter Segrt. Pu bangai manajemen PSM?

Pasca gagal memperoleh tanda tangan Rahmad Darmawan dan Monito (Chile),  managemen PSSB kok terkesan asal raba. Padahal, ada banyak pelatih di Indonesia yang bagus dan menganggur, misalnya eks pelatih nasional Benny Dollo (Indonesia), Danurwindo (Indonesia), Ivan Kolev (Bulgaria).

Mengapa PSSB tidak memburu tanda tangan mereka saja daripada tanda tangan Simon. Pu engkot Simon? Semoga managemen PSSB tidak keliru memilihnya.

——————————————————————————————————————

Curriculum Vitae Simon Pablo Elissetche Correa

Nama: Simon Pablo Elissetche Correa
Negara: Chile
Tempat/Tanggal lahir: Santiago, Chile, 28 September 1977

Status Perkawinan: Belum Kawin
Alamat Chile: Av. Humeres No. 22 Cabildo, Chile
Alamat Indonesia: Makassar, Indonesia
Bahasa: Indonesia, Spanyol, Inggris

 

Pengalaman Pelatih
(2011) Pelatih kepala SSB Bagantara Football Academy, Makassar
(2010) Pelatih tim utama Seleksi Kota Cabildo, Chile
(2009) Pelatih tim U-13 Seleksi kota Cabildo
(2008) Pelatih tim L.A. United FC USA
(2005) Pelatih tim junior Kendari Utama FC, Indonesia
(2004) Asisten pelatih Juan Rodriguez di Kendari Utama FC
(2004) Pelatih tim U-17 Everton (tim professional Chile)
(2003-2009) Pelatih tim U-17 seleksi Kota Cabildo
(2002-2004) Ketua/kepala dari Departemen Olahraga Cabildo
(2002) Pelatih tim utama seleksi Kota Cabildo
(2001) Pelatih tim U-15 seleksi Kota Cabildo
(2001) Pelatih tim utama Cracks, Liga Independente de Futbol
(2001) Pelatih tim olahraga Litoral Kota Maintencillo

(Sumber: Harian Serambi Indonesia, Rabu/8/2/2012)