Benahi Pertahanan

0
447
Lukman Emha| Dok. Pribadi

Allenatore Persiraja Herry Kiswanto, jauh-jauh hari mencemaskan kondisi lini depan anak asuhannya yang belum memenuhi harapan. Herkis tepat, lini depannya mandul bahkan tidak mampu menciptakan sekadar peluang gol pada pertandingan perdana menghadapi Persija ‘Siluman’ Jakarta, Minggu (27/11) lalu.

Menjelang pertandingan kedua menghadapi Persebaya Surabaya sebagaimana diberitakan situs ini, pelatih yang gemar bertopi itu masih galau dengan lini depannya (lihat. Persiraja Akan Tampil Agresif Lawan Persebaya).

Tapi, jika pertandingan perdana dijadikan referensi penilaian, kondisi sektor pertahanan Persiraja justru kelihatan lebih tragis. Kebobolan tiga gol di kandang sendiri amat memiriskan hati. Saya berharap, lini pertahanan hari itu buruk karena faktor lapangan licin. Sore ini rumput Stadion Harapan Bangsa kembali basah, karena bumi Seuramo Mekah sedang musim keunong sa. Apa ini akan bermakna mimpi buruk lagi bagi pertahanan tim kita? Semoga tidak.

Faktor rumput basah karena diguyur hujan, sulit ditolak. Stadion kita belumlah setingkat Amsterdam ArenA, yang atap stadionnya bisa ditutup saat kondisi alam mengganggu lapangan. Yang amat mungkin kita harapkan adalah koordinasi dan konsentrasi yang lebih baik dari sektor pertahanan Persiraja. Komunikasi antar pemain harus benar-benar diperbaiki.

Lini belakang harus extra konsentrasi dengan pola serangan lawan. Persebaya adalah salah satu tim yang gemar menyerang lewat sayap seperti halnya Persija. Salah satu produk sayap mereka, Andik Vermansyah, kini sedang naik daun di tim nasional.

Untung bintang muda itu tidak ikut rombongan timnya ke Banda Aceh karena harus memperkuat Timnas menghadapi LA Galaxi yang sudah berlangsung semalam. Hal ini tentu saja sedikit menguntungkan Gilang Angga dan Andrea yang beroperasi di wilayah jajahan Andik.

Kekuatan Persebaya bukan Andik saja. Ada sebelas pemain berkostum hijau yang ingin menodai Stadion Harapan Bangsa. Persebaya tim yang berpengalaman dan tidak henti-hentinya melahirkan pemain nasional. Mereka termasuk salah satu kandidat jawara IPL yang sedang berlangsung.

Kita berharap, Erik Saputra tampil lebih garang sore ini. Djibril mempertahankan permainan cantiknya pada Minggu Lalu. Defri dan Musawir di sayap mampu mengacak-acak pertahanan ‘Bajul Ijo’. Akhirnya, Dillah-Imral harus menjawab kegalauan Kang Herkis dengan gol, gol, dan gol.

Setelah gagal meraup poin penuh di laga perdana, sekaranglah saat yang tepat bagi Lantak Laju untuk merebut poin sempurna. Semua penggila bola yang merasa dirinya Aceh pasti menanti kemenangan Persiraja. Bagaimanapun, ini markas kita, coy. []