Capello Tidak Setuju Pencopotan Terry

0

London-Pelatih Timnas Inggris, Fabio Capello mengungkapkan ketidaksetujuannya terhadap keputusan Federasi Sepakbola Inggris, FA yang mencopot posisi pemain belakang John Terry sebagai kapten timnas.

Fabio Capello ingin kesalahan Terry dibuktikan lewat pengadilan terlebih dulu.

FA memutuskan untuk mencabut posisi kapten dari Terry sambil menunggu sidang pengadilan yang menuduhnya telah melakukan pelecehan rasial terhadap pemain belakang QPR, Anton Ferdinand.

Capello mengatakan kepada televisi milik pemerintah Italia, RAI bahwa dia tidak setuju dengan keputusan yang diambil oleh Ketua FA, David Bernstein.

“Saya pikir sudah tepat untuk tetap mempercayakan ban kapten kepada Terry,” kata pelatih berusia 65 tahun itu.

Capello juga menunjukan sikapnya tidak percaya seseorang harus dihukum oleh otoritas olahraga sebelum pengadilan mencapai putusannya.

Terry yang juga pernah kehilangan posisi kapten di timnas Inggris pada tahun 2010 akibat persoalan pribadinya sejauh ini telah membantah tuduhan pelecehan rasial yang diarahkan padanya.

Sejauh ini FA menolak untuk mengomentari pendapat Capello tersebut. Namun mantan Ketua Eksekutif FIFA, David Davies mengatakan mereka tidak terkejut dengan sikap FA.

“Pemahaman saya bahwa keputusan ini telah didiskusikan dengan Fabio Capello yang minggu lalu berada di Italia, dia telah menyampaikan pandangannya kepada Ketua FA tentang pandangannya itu,” kata Davies kepada BBC.

“Meski dia mengatakan itu tapi kenyataannya pengurus FA telah mengambil keputusan dan semuanya harus tetap terus berjalan.”

Pengganti Terry

Davies mengatakan jels Capello ingin mendukung keberadaan John Terry, orang yang dua kali diberikan kepercayaan olehnya untuk menyandang ban kapten sebanyak dua kali.

“Dia mungkin ingin mencegah John Terry meninggalkan karier sepakbola internasionalnya.”

Keputusan FA membuat Capello harus segera mencari pengganti Terry dan itu tampaknya bukan pekerjaan mudah.

Sejumlah kandidat seperti Rio Ferdinand menolak untuk menduduki posisi sebagai kapten timnas.

Rio sempat ditunjuk menggantikan Terry dua tahun lalu namun pada bulan Maret tahun lalu Capello kembali mempercayakan posisi kapten kepada pemain belakang Chelsea itu.

Sedangkan penjaga gawang, Joe Hart yang juga disebut-sebut sebagai calon pengganti Terry mengaku tersanjung dengan kabar itu namun menurutnya masih ada pemain lain yang layak untuk menduduki posisi itu.

“Masih ada calon yang lebih kuat dari saya,” kata pemain berusia 24 tahun itu.

“Saya tidak punya pandangan siapa yang pantas jadi kapten. Selama saya bermain bersama timnas saya tidak ada persoalan dengan itu.”[bbc]