More

    Kapal Rena Yang Kandas Akhirnya Terbelah Dua

    Wellington-Kapal kargo yang kandas di tengah batuan karang di laut Selandia Baru sejak tiga bulan lalu akhirnya patah jadi dua, dan mengakibatkan kontainer serta puing-puing runtuhan kapal jatuh ke laut, Minggu (8/1).

    Angin, ombak dan laut yang ganas diduga menyebabkan lambung kapal Rena terbelah dua.

    Menurut pejabat kelauatan setempat ombak dahsyat telah mengguncang Kapal Rena itu hingga bagian lambung kapal berbendera Yunani ini patah.

    Saat diberitakan kandas karena sebab yang tak jelas Oktober lalu, kecelakaan kapal ini telah jadi pusat perhatian karena menyebabkan kebocoran minyak ke samudra yang membuat aparat setempat khawatir bencana ini akan akan jadi musibah lingkungan terburuk dalam puluhan tahun di Selandia Baru.

    Regu pembersih laut telah diberi peringatan kemungkinan mereka terpaksa melakukan pekerjaan meereka kembali karena dikhawatirkan masih ada minyak yang bisa tumpah ke air.

    Kapal tersebut menabrak bentang karang Astrolabe di dekat pulau peristirahatan North Island di Tauranga, Selandia Baru, 5 Oktober.

    “Dalam semalam, kapal itu dihantam gelombang setinggi 6m, diayun angin kencang ditengah laut yang ganas. Akibatnya kapal terbelah jadi dua,” kata Juru bicara bidang Maritim Selandia Baru, Ross Henderson kepada BBC.

    “Bagian depan masih terjepit di tengah batuan karang, tapi bagian belakangnya patah.”

    Henderson mengatakan dua bagian dari kapal itu kini terpisah sejauh antara 20-30m.

    “Yang sejauh ini kami tahu ada banyak kontainer dan puing-puing kontainer jatuh ke air. Kami belum tahu berapa banyak jumlah minyak yang ikut tumpah, tapi kami bersiap-siap kalau minyak dan puing kontainer sampai terbawa ke pantai, dan sudah menyiapkan regu pembersih agar siaga bekerja begitu kami dapati kepastian hal itu terjadi.”

    Awak pembersih sudah memindahkan lebih dari 1.100 ton ceceran minyak dari kapal naas itu, namun diperkirakan masih ada 385 ton minyak tertinggal di kapal.

    Ratusan ton BBM terlanjur tumpah ke laut dan mengakibatkan matinya lebih dari 20.000 ekor burung laut di sekitar wilayah ini.

    Kapten kapal dan pejabat senior lain yang bertanggung jawab atas pelayaran ini telah didakwa dengan 16 sangkaan terkait kandasnya kapal.[bbc]

    Avatar
    Qaid Arkana
    Qaid Arkana adalah blogger yang menyukai berita-berita lucu. Membenci hoax dan sekaligus para produsennya.

    Terbaru

    Fagetti Supplier Marmer Premium Utama dan Terlengkap di Indonesia

    Fagetti sudah lama dikenal sebagai supplier marmer premium utama dan terlengkap di Indonesia. PT. Fajar Gelora Inti (Fagetti) yang dibangun oleh Ferdinand Gumanti, satu-satunya...

    Kerkhof Petjut, Saksi Bisu Perang Aceh

    Seorang pria dengan cetok di tangan tampak menyemen sebuah nisan. Ia merapikan bekas plesteran pada sudut-sudut dinding nisan yang sudah patah. Sebuah topi melindungi...

    Cara Mendapatkan Uang $300 dari Quora dengan Mudah

    Kalian tidak salah baca judul di atas! Kali ini saya akan membagikan kiat bagaimana cara mendapatkan uang $300 dari Quora dengan mudah. Namun, sebelumnya...

    Cara Mendapatkan Koin Libra Facebook Secara Gratis

    Dalam artikel ini, saya akan mengulas cara mendapatkan koin Libra Facebook secara gratis dan mudah. Kamu hanya perlu memiliki akun Facebook yang masih aktif. Seperti...

    Related articles