Klub Portsmouth Inggris Bangkrut Lagi

0
74

London-Klub Portsmouth kembali bangkrut dan dialihkan kepada pihak administratur untuk yang kedua kalinya dalam waktu tiga tahun.

Permohonan bangkrut sudah dikabulkan oleh Pengadilan Tinggi London, Jumat 17 Februari, setelah menunggak utang sekitar £4 juta.

Perusahaan induk Portsmouth, Covers Sports Initiatives atau CSI, sudah dinyatakan bangkrut pada November tahun lalu.

Dengan demikian, klub yang saat ini berada di Liga Championship -satu tingkat di bawah Liga Primer- akan mendapat sanksi pengurangan 10 angka namun bisa juga berkurang sampai 20 angka.

Dinas Pajak dan Cukai Inggris pada tanggal 3 Januari sudah menyampaikan petisi kepada Portsmouth dan membekukan rekening banknya. Portsmouth dilaporkan menunggak pajak sekitar £1,9 juta selain menanggung beban utang kepada para peminjam.

Piutang Sesama Klub

Dengan dinyatakan bangkrut, maka pihak administratur akan mengelola semua rekening dan aset klub sambil mencari calon pemilik baru.

Pihak peminjam yang memiliki piutang kepada Portsmouth antara lain sesama klub, seperti West Bromwich Albion, Wolverhampton Wanderers dan Bristol City maupun Dewan Kota Portsmouth.

Sementara perusahaan pemasok listrik dan gas dilaporkan mengancam pemutusan aliran listrik dan gas ke stadion Fratton Park milik Portsmouth karena menunggak pembayaran.

Bulan lalu manajemen Portsmouth, mengumumkan tidak bisa membayar gaji para staf dan pemain untuk bulan Januari karena rekening mereka dibekukan.

Klub yang mendapat julukan Pompey ini merupakan klub Liga Primer yang bangkrut pada tahun 2010 dan direlegasi ke Liga Championship.

Pertengahan 2011, CSI mengambil alih Portsmouth namun kemudian tidak mampu memenuhi kewajiban utangnya.

Bulan November 2011 pemilik CIS, Vladimir Antonov, dicari oleh pihak berwenang di Eropa sehubungan dengan kasus keuangan di Lithuania.

Jaksa penuntut Lithuania mencarinya sehubungan dengan penyelidikan atas dugaan pencurian aset Snoras Bank.[bbc]

—————————————————————————————————————————–

Portsmouth dan CSI

Juni 2011: CSI milik Vladimir Antonov mengambil alih Portsmouth

November 2011: CSI dinyatakan bangkrut

Februari 2012: Portsmouth mengajukan permohonan bangrkut

17 February 2012: Pengadilan Tinggi London mengabulkan permohonan bangkrut.