Lawan Spanyol, Capello Tunjuk Lampard Jadi Kapten

0
68

London – Pelatih Fabio Capello mengonfirmasi kalau Frank Lampard akan menjadi kapten saat Inggris, melakoni pertandingan persahabatan melawan Spanyol di Stadion Wembley, Sabtu (12/11) waktu setempat.

Gelandang Chelsea, Lampard (33 tahun) akan mengenakan ban kapten, setelah Capello memutuskan untuk mengistirahatkan John Terry dari tim inti pada pertandingan persahabatan tersebut.

Penunjukan ini merupakan keberuntungan bagi Lampard, yang pada dua pertandingan terakhir Inggris melawan Bulgaria dan Montenegro, tidak masuk timnas, dan sempat memunculkan spekulasi kalau karir Lampard di timnas akan segera berakhir.

Bagaimana pun, Lampard merupakan pilihan logis bagi Capello setelah keputusannya untuk mengistirahatkan Terry, menyusul cederanya Steven Gerrard, dan Rio Ferdinand yang sedang tidak berada dalam performa terbaiknya.

Capello juga menekankan kalau Terry, yang sekarang sedang menjalani investigasi dari polisi dan FA karena tuduhan melakukan pelecehan rasial, masih merupakan kaptennya dan akan dimainkan saat melawan Swedia pekan depan.

“Ia adalah pemimpin tim,” kata Capello saat menghadiri konferensi pers. “Ia akan bermain melawan Swedia, dan besok ia akan berada di bangku pemain cadangan. Kami memiliki enam pemain pengganti dan saya akan memilih mereka sepanjang permainan.”

“Bagi saya, ia (Terry) tidak bersalah sampai terbukti bersalah, tentu saja. Saya menghormati setiap keputusan, namun saya tidak akan berbicara mengenai hal ini.”

Capello bersikeras kalau keputusannya untuk mengistirahatkan Terry saat Inggris berhadapan dengan Spanyol, sudah dilakukan sebelum timbulnya tudingan kalau bek itu melakukan pelecehan rasial pada bek QPR, Anton Ferdinand.

“Saya sudah memutuskannya sebelum itu terjadi. Saya tidak suka membicarakan hal ini,” tegas Capello.

Selain soal Lampard, kabar lain dari Timnas Inggris adalah mundurnya Gabriel Agbonlahor dari tim pada Jumat setelah menderita cedera hamstring.

Pemain-pemain Inggris melakukan latihan di Wembley pada Jumat setelah mengheningkan cipta untuk menghargai hari peringatan gencatan senjata.

Sebelumnya FA pernah meminta izin agar pemain-pemain Inggris diperbolehkan memakai bunga poppy merah di kostum mereka, untuk pertandingan melawan Spanyol di Wembley.

FIFA sudah menolak permintaan tersebut, karena hal itu akan membuka pintu bagi tindakan serupa di negara lain.

Setelah diprotes oleh pemerintah Inggris dan kekecewaan Pangeran William, FIFA kemudian mengizinkan para pemain untuk mengenakan bunga poppy di pita hitam. [Antara]