Pemain Ghana Diduga Gunakan Ilmu Hitam

1
51

Accra-Sejumlah pemain tim sepakbola Ghana disebutkan menggunakan ilmu sihir dalam bersaing dengan rekan satu timnya.

Sejumlah pemain tim sepakbola Ghana disebutkan gunakan ilmu hitam untuk ketenaran.

Pernyataan itu disampaikan oleh Pelatih tim sepakbola Ghana Goran Stevanovic, yang menyebutkan anggota tim sepakbola Ghana tidak menyatu.

Klaim Pelatih asal Serbia itu disampaikan dalam sebuah bocoran laporan mengenai kegagalan tim Black Stars dalam Piala Afrika 2012, ketika mereka dikalahkan oleh Zambia di semifinal.

“Kami semua butuh bantuan untuk mengubah mental sejumlah pemain yang menggunakan “ilmu hitam” untuk menghancurkan mereka sendiri, dan juga memastikan kami menanamkan disiplin dan menghormati satu sama lain,” kata pelatih Stevanovic.

Dalam laporan yang ditujukan kepada komite eksekutif Asosiasi Sepakbola Ghana GFA, Stevanovic menambahkan: “Setelah kalah dari Zambia, muncul tuduhan macam-macam diantara para pemain.

“Saya telah mendapatkan pelajaran berharga dari sepakbola Afrika dan juga mengenai tingkah laku para pemain Ghana di dalam dan di luar lapangan.

Pelatih tidak menyebutkan nama pemain yang dimaksud dalam laporan itu dan GFA menolak berkomentar mengenai masalah tersebut, dan mengatakan tidak usah membahas isu yang didapat dari bocoran dokumen.

Posisi Terancam

“Ini selalu terjadi, tetapi pemain harus menggunakan itu untuk melindungi mereka dan biasanya untuk keberuntungan,” jelas Sarfo Gyami, yang merupakan mantan anggota tim Ghana pada Piala Bangsa 1992, kepada BBC Sport.

“Saya tidak pernah mendengar situasi dimana para pemain justru menggunakan itu untuk melawan rekan mereka sendiri. Itu merupakan situasi yang sangat buruk.”

Citra tim Ghana selama Piala Afrika tampak bersatu, dalam video dan foto yang diambil dari kam Franceville merekam pemain yang tengah berdoa dan bernyanyi pada malam hari, memperlihatkan ikatan yang kuat diantara mereka.

Tetapi, Stevanovic dan Presiden GFA Kwesi Nyantakyi mengatakan mereka terpecah.

“Selama kompetisi kami mengamati bahwa sejumlah pemain, bermain untuk mendapatkan ketenaran pribadi, keunggulan dan kesempurnaan yang merugikan tim,” kata Nyantakyi dalam keterangan pers pada awal pekan ini.

“Kami juga mendapatkan keluhan dari sejumlah pemain senior, yang menuduh para junior tidak hormat.”

Posisi Stevanovic sebagai pelatih sangat terancam dengan adanya peninjauan kembali kontraknya oleh GFA. Nasibnya akan ditentukan oleh keputusan GFA yang akan dikeluarkan pada dua pekan mendatang.

Bagaimanapun, dia akan memimpin tim Ghana dalam pertandingan dengan Cile di AS pada Kamis mendatang.[bbc]

1 KOMENTAR

Comments are closed.