Pemerintah Siapkan 2.900 Sepeda Motor bagi Penyuluh

0
168

Banda Aceh – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian pada tahun 2012 menyiapkan 2.900 unit sepeda motor bagi penyuluh di seluruh Indonesia. Langkah itu diupayakan untuk menyukseskan program beras nasional.

“Bantuan tersebut kita bagikan ke seluruh Indonesia termasuk Aceh,” sebut Ir Indriyatmo, MSc, Kabid Bina Program dan Informasi Badan Pengembangan Penyuluhan dan SDM di hadapan ratusan penyuluh saat meninjau demfarm padi seluas 34,5 hektar di Desa Blang Kecamatan Mila Kabupaten Pidie.

Kata dia, selain sepeda motor Pemerintah juga akan melengkapi 2.000 unit Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS). Selain itu, melalui tambahan dana APBN pihaknya juga akan memberikan 1.000 unit komputer untuk melengkapi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang minim sarana.

“Tahun 2012 merupakan tahun kerja keras bagi penyuluh, karena dibebankan amanah Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) untuk memenuhi 10 juta ton surplus beras pada tahun 2014,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala BPTP Aceh Ir T. Iskandar, MSi dalam kesempatan yang sama menyambut baik langkah pemerintah pusat tersebut. Dengan kondisi seperti itu, kata dia, diprediksi produktivitas gabah di Aceh ke depan akan semakin meningkat.

“BPTP siap melakukan pendampingan teknologi bersama penyuluh lapangan guna menyukseskan program nasional,” paparnya.(Aduen)