Penanaman Jabon Digalakkan di Aceh Timur

0
224

Idi – Untuk mendukung program penanaman  1 miliar pohon yang dicanangkan pemerintah pusat untuk antisipasi banjir dan peningkatan ekonomi masyarakat, Aceh Timur mengalakkan kelompok tani untuk menanam pohon  jenis kayu  jabon. Hal itu ditandai dengan penanaman 1 miliar pohon dipusatkan di depan Pendopo Idi Rayeuk, Senin (28/11).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Aceh Timur Muslim Hasballah. Turut hadir   Dandim 0104 Aceh Timur, Kapolres Aceh Timur, Kajari Idi, Kadis Kehutanan dam Perkebunan Aceh Timur, serta unsur SKPD Aceh Timur. Bupati yang membacakan  pidato  Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan mengatakan, pada 2011 realisasi penanaman pohon sudah mencapai 827 juta batang pohon atau sekitar 80 persen.

Manfaat penanaman pohon  selain dapat mencegah dari bencana alam banjir dan longsor di semua daerah. “Tak hanya menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca, juga mencegah bencana alam,  penanaman pohon juga akan berdampak langsung kepada kesejahteraan rakyat utamanya di pedesan melalui tumbuhnya industri berbasis pertanian,” katanya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Timur, Ir. Saifuddin, MP, dalam laporannya mengatakan, upaya penanaman 1 miliar  pohon di Aceh Timur melibatkan ratusan kelompok tani dan masyarakat luas. Bahkan pihaknya terus mendukung upaya penanaman pohon melalui kelompok tani, terutama pohon jenis jabon, mahoni, ketapang dan lainya.

Dia menambahkan, upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menunjang pelaksaan tanam 1 miliar pohon,  Dinas Kehutanan Aceh Timur terus melakukan pengembangan pohon jabon di sejumlah wilayah Aceh Timur. “ jenis pohon jabon ini selain gampang tumbuh juga masa panennya sangat singkat yaitu 5 hingga 10 tahun,’ pungkas Saifuddin[]

Teks Foto: Bupati Aceh Timur, Muslim Hasballah didampingi Kadis Kehutanan dan Perkebunan Saifuddin MP (kiri) sedang menanam pohon pada kegiatan pencanangan tanam 1 miliar pohon di Idi.