Pimpinan Al Qaeda Kelahiran AS Terbunuh

0
182
Pimpinan Al Qaeda
Anwar al-Awlaki

WASHINGTON  – Sebuah rudal yang ditembakkan dari pesawat tak berawak milik Amerika di Yaman, Jumat, menewaskan seorang ulama radikal kelahiran Amerika, Anwar Al-Awlaki, tokoh terkemuka yang memiliki hubungan dengan Al Qaeda di Yaman, menurut seorang pejabat di Washington.

Meski tak informasi yang jelas tentang serangan tersebut, namun pejabat itu mengatakan bahwa pesawat tak berawak menembakkan sebuah rudal Hellfire dan membunuh Mr Awlaki, buruan Amerika Serikat di Yaman selama lebih dari dua tahun. Departemen Pertahanan Yaman mengkonfirmasi kematian Mr Awlaki.

Kantor berita Yaman, Saba, melaporkan serangan tersebut juga membunuh Samir Khan, warga Amerika kelahiran Pakistani yang juga editor Inspire, majalah milik Al Qaeda berbahasa Inggris. Khan memproklamirkan ‘bangga menjadi pengkhianat Amerika, di majalah tersebut tahun lalu.

Serangan rudal yang ditujukan terhadap warga Amerika tersebut menjadi yang pertama kalinya sejak Amerika Serikat memimpin perang melawan terorisme 11 September 2001. Pembunuhan petinggi Al Qaeda tersebut menjadi yang kedua sejak lima bulan terakhir di bawah pemerintahan Obama, setelah sebelumnya berhasil menewaskan Osama bin Laden di Pakistan, Mei lalu.

Kedua pejabat Yaman dan Amerika tersebut menyebutkan keberhasilan serangan tersebut sangat signifikan untuk memperlemah Al Qaeda di Semenanjung Arab. [the New York Times]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here