Pembangunan Jalan Pantai Barat Aceh Tuntas 2012

0

Meulaboh – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyatakan pembangunan ruas jalan Calang (Aceh Jaya)-Meulaboh (Aceh Barat) sepanjang 49,1 kilometer ditargetkan tuntas pada November 2012.

“Kami berharap pembangunan ruas jalan ini bisa tuntas 2012, sebagai upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi wilayah pesisir barat dan selatan Aceh,” kata Irwandi di Meulaboh, Selasa (18/10) saat peletakan batu pertama pembangunan jembatan Pasie Mali, Sama Tiga, Aceh Barat.

Peletakan batu pertama itu turut dihadiri Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda dan Kepala Dinas Bina Marga Dan Cipta Karya, Muhyan Yunan serta sejumlah tokoh di Aceh Barat.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Sama Tiga dengan Meulaboh atau berjarak sekitar 200 kilometer arah barat Kota Banda Aceh dibangun dengan menggunakan dana otonomi khusus dan APBA.

Sementara pembangunan ruas jalan Calang-Meulaboh, Sumber dananya dibiayai seluruhnya oleh Multi Donor Fund (MDF) dengan total anggaran mencapai Rp330 miliar.

Gubernur menjelaskan, pembangunan jalan tersebut akan dilaksanakan dalam tiga tahap yakni Lueng Gayo – Arongan Lambalek sepanjang 18 km, Arongan Lambalek – Gampong Pante Breueh sepanjang 12,2 km dan terakhir Gampong Pante Breueh-Meulaboh sepanjang 18,9 km.

“Pembangunan jalan ini menggunakan sistem konstruksi yang tidak kalah dengan jalan Banda Aceh-Calang yang pembangunannya didanai oleh USAID,” katanya.

Irwandi menambahkan, pembangunan jembatan Pasie Mali juga sebagai upaya memberikan akses yang lebih cepat bagi masyarakat kecamatan Sama Tiga, sebelumnya hanya menggunakan rakit penyebrangan menuju Meulaboh.

“Ruas jalan Pantai Barat sangat strategis dan penting bagi pembangunan Aceh yang berkeadilan dan pemerataan dengan harapan upaya mensejahterakan masyarakat dapat terwujud,” demikian Irwandi. [Antara]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here