Real Madrid Klub Terkaya di Dunia

0
65

Real Madrid menjadi klub sepakbola terkaya di dunia selama tujuh tahun berturut-turut.

Publikasi perusahaan akutansi Deloitte menyebutkan pendapatkan Real Madrid mencapai 480 juta euros, berdasarkan pada data musim 2010/11.

Laporan yang berjudul Football Money League, menyatakan jika Real mempertahankan posisinya sampai tahun depan, maka menyamai rekor Manchester United dengan rekor sebagai klub terkaya selama delapan tahun berturut-turut.

Saingan terdekat Real adalah Barcelona yang berada diposisi kedua, kemudian disusul Manchester United diurutan ketiga.

Urutan keempat sampai enam yaitu Bayern Munich, Arsenal dan Chelsea.

Peringkat tujuh klub terkaya tersebut tidak berubah dari tahun sebelumnya.

Sementara Aston Villa keluar dari daftar 20 klub terkaya dan berada di posisi 26. Sementara Liverpool merosot ke posisi ke sembilan pada daftar tahun ini.

Seluruh dua puluh klub yang terdapat dalam daftar merupakan ‘lima besar’ liga Eropa, dengan lima klub Italia, empat klub Jerman, tiga klub Spanyol dan Prancis hanya dua klub dari tiga klub yang masuk daftar ini pada tahun lalu.

Pendapatan duapuluh klub terkaya ini mencapai 4,4 miliar euros, naik 3 % dari tahun sebelumnya.

Meski tujuh klub diantaranya menunjukan penurunan pendapatan yang disebabkan penampilannya dalam pertandingan yang menyebabkan rendahnya penjualan tiket dan cenderamata, bukan karena pengaruh krisis di zona eropa.

Penjualan kaos klub Barcelona yang disponsori oleh Qatar Foundation mencapai 30 juta euros per musim, menurut laporan Deloitte.[bbc]