Semangat Asian Games 2018 dari Aceh

0
56

Akhirnya, obor Asian Games 2018 tiba di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, Provinsi Aceh, Selasa, 31 Juli 2018 sekitar pukul 09.20 WIB setelah menempuh perjalanan dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Aceh menjadi salah satu daerah di Indonesia yang disinggahi oleh obor Asian Games 2018, untuk menyebarkan semangat juang dalam rangka mendukung serta menyukseskan perhelatan Asian Games 2018 yang akan dihelat di dua kota besar di Indonesia yaitu Palembang dan Jakarta.

Kemarin, Kota Banda Aceh selaku ibukota Provinsi Aceh, seolah ikut menjadi saksi kemeriahan jelang perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia itu. Kemeriahan mulai terasa saat obor tiba di Bandara dan disambut langsung oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali. Lantunan Seurune Kale beserta prosesi peusijuek (tepung tawar), merupakan bagian yang tak terpisahkan dari prosesi penyambutan yang dilakukan untuk memuliakan obor beserta api abadi yang didatangkan langsung dari India yang dipadukan bersama api dari salah satu daerah yang ada di Pulau Jawa itu.

Foto: Zamzami Ali

Api beserta obor kemudian dibawa oleh Mawardi Ali ke Museum Rumoh Aceh yang terletak di Jl. Sultan Alaidin Mahmudsyah, Kota Banda Aceh. Disana sudah menunggu Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, bersama masayarakat dan juga puluhan pelajar yang terdiri dari para penari dan anak-anak marching band yang ikut menyemarakkan kedatangan kirab obor.

Obor kemudian dinyalakan dan dari Museum Rumoh Aceh, iring-iringan puluhan pelari yang diikuti konvoi bergerak mengitari Kota BNada Aceh melewati Pendopo Gubernur Aceh – Simpang Jam – Museum Tsunami Aceh – dan Masjid Raya Baiturrahman. Dari sini, obor kemudian diambil alih oleh Indra Bekti. Selanjutnya, iring-iringan pelari menyusuri berbagai ruas jalan protokol di Banda Aceh, melewati Jembatan pante Pirak – Simpang Lima – Jambo Tape – Lampriet dan finish di Kantor Gubernur Aceh setelah menyusuri rute sepanjang 10 kilometer.

Foto: Zamzami Ali

Setelah diterima oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, berakhir sudah rangkaian Kirab Obor atau Torch Rally Asian Games 2018 di Kota Banda Aceh. Obor selanjutnya menempuh perjalanan ke Danau Toba, Sumatera Utara. Dari sana nanti, obor akan bergerak menuju Sumatera Selatan, kemudian Banten, Jawa Barat lalu finish di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus atau bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 73.

Selanjutnya, sehari berselang atau tepat pada tanggal 18 Agustus, obor akan dibawa ke acara pembukaan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here