Tahan The Reds, United Jaga Kesucian

0

LIVERPOOL – Okezone.com – Laga Derby Merah antara Liverpool menjamu Manchester United yang berlangsung di Anfield pada lanjutan pekan kedelapan Premier League 2011/2012 berakhir imbang 1-1. Liverpool unggul lebih dulu lewat gol Steven Gerrard di menit ke 67, sebelum disamakan Javier Hernandez sepuluh menit menjelang pertandigan usai.

Liverpool vs United berakhir imbang 1-1 (foto: Getty Images)


Sebagai pemuncak klasemen sementara, United harus mempertahankan kesucian mereka yang belum terkalahkan di Premier League menghadapi tuan rumah Liverpool, Sabtu (15/10/2011). Misi sulit ini diemban oleh Alex Ferguson yang tak pernah menang di Anfield sejak tiga musim terakhir.

Tapi anehnya, Sir Alex mencadangkan Wayne Rooney pada pertandingan kali ini. Dan hanya mengandalkan Danny Welbeck sendirian di depan. Sedangkan, The Kop, Liverpool mengandalkan Dirk Kuyt dan Luis Suarez di barisan depan, dan tentunya Steven Gerrard yang untuk pertama kalinya jadi starter pasca cedera panjang.

Babak Pertama

Pada awal pertandingan, kedua klub masih sama-sama mencari tempo permainan. Namun, tuan rumah lebih dulu memulai ancamannya lewat serangan yang dibangun melalui tendangan sudut di menit ke 20. Tapi sayang ancaman yang datang dari Steven Gerrard lewat sundulannya, masih melebar ke kiri dari gawang David de Gea.

Menit ke-34 The Reds kembali mengancam, kali ini lewat tendangan Suarez yang memanfaatkan kelengahan lini belakang United. Tapi sayangnya, tendangan Suarez masih bisa dimentahkan David de Gea.

Setelah tuan rumah mengancam, United mulai mengurung pertahanan Liverpool. Sebuah ancaman di menit 40 yang datang lewat akselerasi yang dilakukan Park Ji Sung, tapi tendangannya masih melebar ke kiri gawang Pepe Reina. Namun hingga peluit tanda babak pertama usai, kedua kubu masih bermain imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Babak kedua berjalan sengit, United langsung mendapatkan peluang lewat tendangan bebas Ashley Young. Tapi tendangan dari pemain sayap Timnas Inggris itu masih bisa dijinakkan oleh Reina.

Sebenarnya Liverpool bisa saja mendapatkan penalti. Berawal dari tendangan sudut yang dilesakkan Suarez, kemudian diteruskan oleh Kuyt. Dengan sundulannya itu bola sempat mengenai tangan Jonny Evans, tapi tampaknya wasit Andre Marriner tidak melihatnya sebagai sebuah penalti.

Akhirnya, Gerrard memecah kebuntuan pertandingan. Pada menit ke 67, berawal dari pelanggaran Rio Ferdinand terhadap Charlie Adam beberapa meter sebelum kotak penalti United menghasilkan tendangan bebas bagi The Kop.

Gerrard yang mengeksekusi tendangan bebas berhasil memanfaatkan peluang ini. Tendangannya yang melewati pagar betis United ternyata tak juga mampu diselamatkan oleh De Gea yang hanya terpaku melihat bola tersebut masuk ke gawangnya.

Gol Gerrard ini juga tak lepas dari peran Ryan Giggs yang saat itu menjadi pagar betis. Pemain yang baru saja meraih Golden Foot 2011 ini mengambil langkah yang salah dengan membuka celah fondasi pagar betis. Sehingga dengan mudah memberikan ruang kosong untuk jalannya bola Gerrard mendarat ke gawang De Gea. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Pasca kebobolan satu gol, Sir Alex langsung memasukkan Rooney dan Luis Nani sekaligus. Tak puas, Javier “Chicharito” Hernandez pun dimasukkan sir Alex. Dengan begitu, Sir Alex menggunakan tiga striker sekaligus.

Alhasil, United strategi Sir Alex berjalan mulus dan United bisa menyamakan skor. Bermula dari tendangan sudut yang dilesakkan Nani disambut oleh Welbeck dengan sundulannya, namun melebar. Tapi sundulan Chicharito mengubah arah bola sehingga masuk ke gawang Reina. Gol Chicharito di menit ke 81 mengubah pertandingan menjadi imbang 1-1.

Menit-menit akhir pertandingan, United dikepung. Beberapa peluang diciptakan Gerrard cs. Namun, De Gea yang kembali bermain gemilang masih mampu mementahkan serangan bertubi-tubi dari tuan rumah. Sehingga skor 1-1 tak mengubah papan skor di Anfield ini.

Dengan hasil ini United masih menjaga kesucian mereka dari kekalahan perdana musim ini dan masih bertengger di posisi pertama dengan 20 poin. Sedangkan Liverpool, harus puas dengan 14 poin.

Susunan Pemain:
LIVERPOOL: Pepe Reina, Martin Skrtel, Martin Kelly, Jose Enrique, Jamie Carragher, Stewart Downing, Steven Gerrard, Charlie Adam, Lucas Leiva (Jordan Henderson 57’), Dirk Kuyt, Luis Suarez.

MANCHESTER UNITED: David de Gea, Rio Ferdinand, Patrice Evra, Jonny Evans, Chris Smalling, Phil Jones (Javier Hernandez 76’), Park Ji-Sung (Wayne Rooney 69’), Ashley Young (Luis Nani 68’) , Darren Fletcher, Ryan Giggs, Danny Welbeck.
(raw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here