Begini Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN dengan Mudah

0
730

Selama wabah pandemi Corona, PT PLN (Persero) memberikan cara mendapatkan token listrik gratis secara cuma-cuma untuk pelanggan prabayar golongan 450 VA (Volt Ampere) dan golongan subsidi 900 VA.

Ada dua cara untuk mendapatkan token gratis dari PLN. Pertama, token gratis melalui situs resmi PLN yaitu www.pln.co.id. Kedua, token listrik gratis melalui WhatsApp di nomor 08122-123-123.

[lwptoc min=”2″ depth=”6″ title=”Daftar Isi” hideItems=”0″ width=”55%” float=”left” itemsFontSize=”90%”]

Para pelanggan PLN hanya perlu mengirimkan ID Pelanggan melalui dua jalur tersebut di atas.

Beberapa langkah dan cara mudah mendapatkan token gratis:
token listrik gratis dari pln

Melalui website resmi PLN

1. Masuk ke laman www.pln.co.id
2. Klik menu Pelanggan dan langsung pilih Stimulus Covid-19
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter
4. Token Gratis akan ditampilkan di layar
5. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan
cara akses token gratis pln

Melalui layanan pesan WhatsApp

1. Kirim chat ke nomor WhatsApp 08122-123-123. Ikuti petunjuk yang ditampilkan, salah salah satunya dengan memasukkan ID Pelanggan.
2. Setelah itu, token gratis akan muncul
3. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran sesuai ID Pelanggan.

View this post on Instagram

Hai Electrizen, Mimin mau kasih tau kalau Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi SUDAH DAPAT DIAKSES LOHH! Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Mekanisme website dengan cara: 1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. 3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara : 1. Buka Aplikasi WhatsApp 2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 3. Token gratis akan muncul 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya. #PLNatasiCorona #PLNTerbaik #PLNBerbakti

A post shared by PLN (@pln_id) on

Selama tiga bulan ke depan, mulai bulan April hingga Juli, kedua pelanggan 450 VA dan sebagian 900 VA akan menikmati layanan listrik gratis sesuai mekanisme yang ada.
Pemerintah telah menyediakan dana sebesar Rp3,5 triliun untuk menyediakan layanan token listrik gratis.

Dana ini disiapkan pemerintah bagi pelanggan listrik tidak mampu sebagai perlindungan sosial di tengah mewabahnya covid-19.

Sebagai informasi, khusus pengguna listrik prabayar 450 VA, pemerintah akan memberikan token gratis setiap bulan sebesar pemakaian tertinggi dari tiga bulan terakhir.

Sementara untuk konsumen 900 VA prabayar, setiap bulannya akan diberikan token listrik gratis sebesar 50% dikalikan pemakaian bulan tertinggi dari tiga bulan terakhir. Kelompok ini tidak digratiskan seluruhnya, hanya perlu bayar 50 persen saja.

Program keringanan tagihan dan token gratis ini berlaku bagi pelanggan 450 VA yang regular atau pascabayar akan digratiskan biaya pemakaian dan biaya beban.

Untuk mengantisipasi pemakaian konsumen regular yang melebihi batas, pihak Kementerian ESDM dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah memiliki database penggunaan masing-masing konsumen. Jika pemakaiannya melebihi batas maka skeringnya akan dijepret sebagai bukti.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here