Usai Jumat, PA Daftarkan Doto Zaini-Muzakkir Manaf

0
268

Banda Aceh – Partai Aceh mendaftarkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur Zaini Abddulah/Muzakir Manaf ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) pada Jumat (20/1).

“Besok, Insya Allah setelah shalat Jumat, kami akan mendaftarkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur ke kantor KIP Aceh,” kata Juru bicara DPP Partai Aceh Fachrul Razi, Kamis (19/1).Dijelaskannya, proses pendaftaran pasangan calon dari partai lokal terbesar itu diawali dengan shalat Jumat bersama di Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh, dan selanjutnya Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf bersama para kader, simpatisan dan para pendukung akan konvoi ke kantor KIP.

“Kandidat akan shalat Jumat dahulu, setelah itu dari Masjid Raya kita langsung menuju kantor KIP,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fachrul mengatakan, keputusan Partai Aceh untuk mendaftar Jumat merupakan hasil keputusan rapat konsolidasi partai beserta pimpinan partai dari kabupaten/kota yang dilaksanakan Kamis.

“Dan kita akan mendaftar serentak besok, jadi para bupati/wali kota dari Partai Aceh besok dipastikan akan ikut juga mendaftar di KIP masing-masing,” terangnya.

Ditambahkannya, Partai Aceh berkomitmen atas apa yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Partai Aceh kan sudah berjanji mendaftar jika pendaftaran dibuka kembali, jadi untuk itu kami harus konsekuen mendaftarkan pasangan dari partai kami agar masyarakat yang selama ini mendukung perjuangan partai tidak kecewa,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, pascaputusan sela Mahkamah Konstitusi, KIP Aceh telah membuka kembali pendaftaran calon dalam pilkada di Aceh, baik dari perseorangan maupun dari partai politik.

Proses pendaftaran sendiri dibuka hingga tujuh hari ke depan yakni tanggal 24 Januari 2012.

Sebelumnya sudah ada empat pasangan calon yang sudah ditetapkan KIP untuk ikut pesta demokrasi terbesar di Aceh, setelah lulus verifikasi faktual yang dilakukan KIP beberapa waktu lalu, lulus tes kesehatan dan uji mampu baca Alquran dan telah memenuhi syarat untuk menjadi calon tetap.

Keempat pasangan itu adalah Irwandi Yusuf/Muhyan Yunan, Tgk Ahmad Tajuddin/Teuku Suriansyah, Darni M Daud/Ahmad Fauzi, ketiganya maju lewat jalur perseorangan (independen), dan Muhammad Nazar/Nova Iriansyah yang diusung partai politik yakni Partai Demokrat, PPP dan Partai SIRA. [Antara]