Zambia Buat Kejutan Di Piala Afrika

0
321

Bata, Equatorial Guinea– Zambia memberi kejutan pada hari pertama Piala Afrika dengan memberi tim yang difavoritkan pada Grup A Senegal, kekalahan 1-2.

Gol dari Emmanuel Mayuka dan Rainford Kalaba memastikan awal yang sensasional pada putaran final tersebut setelah sebelumnya pada hari yang sama, Sabtu, salah satu tuan rumah Equatorial Guinea meraih keberhasilan pada debutnya dalam turnamen tersebut.

Serangan balik yang cepat ditambah dengan pertahanan yang buruk memungkinan Zambia unggul lebih dulu dan mereka bertahan dari kebangkitan lawan pada babak kedua untuk meraih kemenangan.

Mayuka menyundulkan gol pembuka setelah menit ke-12 diikuti oleh gol terobosan dari Kalaba sembilan menit kemudian.

Gol Mayuka menunjukkan rentannya lini belakang Senegal dengan pemain-pemain Zambia yang kecil melompati dan mengungguli lawan mereka yang lebih besar untuk memperoleh bola.

Senegal juga terkejar langkahnya. Kapten Zambia Chris Katongo menyusupkan bola lurus kepada Kalaba untuk menghindari jebakan “offside” untuk mencetak gol kedua ketika pertahanan Senegal tampak statis.

Tim “Lions of Teranga” itu nyaris kemasukan gol ketiga lima menit menjelang jeda pertandingan jika tidak diselamatkan dengan baik oleh kiper mereka yang berbasis di Amerika Bouna Coundoul.

Namun dengan dua perubahan pada awal babak kedua, Senegal mengambil inisiatif dan usaha Moussa Sow serta Demba Ba dari jarak dekat gagal sebelum sundulan Ba kembali membentur mistar gawang.

Pemain cadangan Dame Ndoye mencetak gol saat waktu bermain tinggal sekitar 15 menit dengan menjatuhkan bola dengan dadanya dan mengarahkannya ke gawang dari sudut sulit tetapi pada akhirnya usahanya itu hanya menjadi penghiburan.

Penampilan mengesankan Senegal pada kualifikasi membuat mereka sangat difavoritkan akan mendominasi grup tersebut dan menjadi penantang untuk meraih gelar tetapi mereka sekarang harus mengalahkan Equatorial Guinea di Bata pada Rabu untuk tetap bertahan.

Equatorial Guinea mengalahkan Libya 1-0 pada pertandingan pertama Grup A di Bata pada Sabtu.[ant]