“Becoming” Obama Menjadi Merek Satu Miliar Dollar

0
295
Becoming Obamas
Michelle dan Barack Obama (Foto: NYP/Getty Images)

ACEHPUNGO.COM – Michelle Obama melakukan tur lintas negara untuk peluncuran buku memoar terbaru, Becoming, Minggu lalu. Acara promosi buku ini menjadi pertanda awal kesuksesan mereka menjadi pasangan pertama yang menjadi miliarder terbaru. The Obamas pun menjadi mereka bernilai miliar dollar seperti judul buku, “Becoming” atau Menjadi.

Selain $65 juta buku sebelumnya dan perkiraan $50 juta kesepakatan dengan Netflix, yang dia bagi dengan suaminya Barack Obama, mantan ibu negara itu bersiap meraih jutaan dollar dari penampilan dalam tur dan penjualan merchandise di 10 kota di Amerika, terhubung ke autobiografinya.

Dan seperti suaminya, Michelle Obama saat ini menjadi pembicara paling diminati oleh perusahaan dan lembaga nirlaba, dengan bayaran $225.000 per penampilan.

Forbes memperkirakan pasangan itu menghasilkan $20,5 juta untuk gaji dan royalti buku sejak 2005–ketika Obama menjadi senator federal dan saat mereka pertama kali tiba di Washington–dan 2016. Mereka kini bernilai lebih dari $135 juta. Angka itu tidak termasuk uang tunai yang mereka keluarkan untuk berbicara di depan umum.

Pada bulan Oktober 2017, Michelle Obama adalah pembicara utama di Pennsylvania Conference for Women, lembaga nirlaba yang mempromosikan pendidikan dan jaringan.

Obama melakukan wawancara di panggung dengan produser dan penulis Hollywood Shonda Rhimes di Philadelphia untuk penonton 12.000. Harry Walker Agency Inc. yang berbasis di New York, yang menghadirkan buku-buku Obama, menagih Konferensi Pennsylvania untuk Wanita $225.000 pada tahun 2017, menurut pengajuan pajak non-profit terbaru.

Barack Obama saat ini menghasilkan $400.000 per pidato, dan memperoleh setidaknya $1,2 juta untuk tiga pembicaraan di perusahaan-perusahaan Wall Street pada tahun 2017. Biaya itu lebih besar dari $207.800 uang pensiunnya sebagai presiden, yang ia mulai terima setelah ia meninggalkan kantor Gedung Putih.

Berbulan-bulan setelah meninggalkan Gedung Putih, mantan presiden setuju untuk berbicara pada konferensi perawatan kesehatan yang diselenggarakan oleh perusahaan jasa keuangan Cantor Fitzgerald. Ada tambahan $800.000 yang dia dapatkan untuk dua pidato ke Northern Trust Corp dan Carlyle Group.

Dikutip dari New York Post, Sabtu (17/11/2018) “Becoming” disebut-sebut akan menjadi buku best seller di dunia. Dalam buku itu, Michelle Obama mengungkapkan detail kehidupan pribadinya, seperti konseling pasangan yang ia cari bersama suaminya dan perjuangannya setelah keguguran, menggambarkan bagaimana ia hamil kembali untuk dua putrinya dengan fertilisasi in vitro.

Selain di AS, buku ini dirilis di Australia, Irlandia, Afrika Selatan, Inggris, India, dan Selandia Baru. Juga akan dipublikasikan dalam 25 bahasa di seluruh dunia, menurut siaran pers dari Penguin Random House, penerbit buku New York.

“Menjadi” telah dipilih untuk Klub Buku Oprah Winfrey, sebuah komunitas telah melambungkan banyak penulis menjadi penulis terlaris.

Tiket untuk “A Conversation with Michelle Obama” di tempat olahraga di seluruh negeri juga telah menjadi komoditas panas.

Harga untuk penampilan Obama di Barclay Center di Brooklyn bulan depan berkisar dari $307 hingga $4.070, yang mencakup foto dengan Michelle Obama dan tanda tangan untuk buku “Menjadi.”

Selain uang tunai dari penampilan dan penjualan buku, Michelle Obama juga akan mendapatkan keuntungan melimpah dari 25 item merchandise berbeda yang terhubung ke buku tersebut, banyak di antaranya memiliki keserupaan dan menampilkan pesan inspirasional.

Barang-barang termasuk T-shirt dan hoodies, mug $20 “Temukan Suara Anda”, dan lilin “Temukan Api Anda dan Jauhkanlah Ini”, yang dijual seharga $35 untuk masing-masing item. Sepuluh persen dari hasil penjualan akan masuk ke Global Girls Alliance, sebuah inisiatif di bawah Yayasan Barack Obama untuk memberikan pendidikan kepada gadis remaja di seluruh dunia.

Tur Washington
Presiden Obama membandingkan dirinya dengan Jay-Z ketika memberi kejutan di tur buku Michelle Obama di Washington. “Kamu tahu kapan Jay-Z keluar saat konser Beyoncé?” kata mantan presiden itu tertawa ketika dia melangkah ke panggung, seperti dikutip dari TheHill.com.

Obama, 57, memegang buket bunga merah muda untuk istrinya, saat singgah di tur promosi untuk memoarnya, “Menjadi,” di Capital One Arena pada hari Sabtu.

“‘Crazy in Love’-itu adalah hal yang sama,” Obama menyindir lagu Beyonce tahun 2003 yang menampilkan sebuah kutipa dari suami penyanyi, rapper Jay-Z. “Ini hanya sedikit contoh untuk meningkatkan konser,” tambah Obama.[]

NYP, TheHill.com