Belasan Toko Terbakar di Kota Jantho

0
144

Sedikitnya 15 unit toko di kawasan pasar Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (28/12) pagi, ludes terbakar. Kerugian akibat musibah tersebut ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Belasan toko di kawasan jalan Sudirman, kota Jantho, Rabu (28/12) terbakar | Aduen

Kebakaraan yang terjadi di Jalan Sudirman itu, terjadi sekira pukul 07.30 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang sempat membuat panik pemilik dan warga disekitar lokasi kebakaran tersebut.

“Saat kebakaran sebagian besar toko masih dalam keadaan tertutup, hanya beberapa warung kopi saja yang buka,” ujal Jamal, warga kota Jantho.

Kebakaran yang menghanguskan belasan toko beserta isinya itu, kata Jamal, diduga bermula dari ledakan sebuah kompor minyak tanah di sebuah warung nasi. “Api sangat cepat merambat kebagunan lain,” terang Jamal.

Untuk memadamkan api, lanjut Jamal, masyarakat secara bersama-sama dan dengan peralatan seadanya berusaha menyirami kobaran api. Namun karena tiupan angin, api semakin membesar dan susah dijinakkan.

Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi setelah api semakin besar atau sekitar 30 menit kemudian. “Saat berusaha memadapkan api, petugas juga sempat mengalami kerusakan tehnis. Namun akhirnya berhasil diatasi,” sebut Jamal.

Api baru berhasil dipadamkan setelah 1 jam kemudian. Namun, tak ada harta benda milik pedagang yang bisa diselamatkan.

Kapolres Aceh Besar, AKBP Herman Sikumbang kepada wartawan mengatakan, untuk mengetahui penyebab kebakaran itu pihaknya akan memanggil sejumlah saksi mata. “Untuk sementara belum bisa kita panggil, karena masih shock dengan musibah tersebut. Dugaan sementara api dari ledakan kompor,” kata Kapolres Aceh Besar. [Aduen]