Haul 1.208 H Sulthan Peureulak Diperingati

0
68

Peureulak—Hari ulang tahun (Haul) ke-1.208 H, Sulthan Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah, kesulthanah kerajaan Islam Peureulak akan diperingati dengan doa bersama, tepatnya pada tanggal 30 Desember 2011 di areal makam sulthan di Desa Bandroeng, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur. Kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Kapolda Aceh.

Panitia pelaksana haul juga telah menyiapkan sebanyak sembilan ekor sapi yang akan disembelih  untuk kenduri bagi para undangan dan warga sekitar. Sejumlah fasilitas umum lainya juga dalam proses rehabilitasi guna mendukung pelaksanaan acara akbar tersebut. “ Kita sedang mempersiapkan berbagai keperluan kegiatan,” kata Mukim Blang Simpo Tgk Yahya dan Tgk Isa Iba, dari unsur panitia, Kamis (24/11) sore.

Menurut Tgk Yahya dan Tgk Isa, acara peringatan haul akan diisi dengan doa bersama, santunan anak yatim, dan pemaparan lintasan sejarah Islam Peureulak. Diharapkan acara tersebut bisa membangkitkan ruh sejarah Islam Peureulak yang sudah lama terpendam. M Nazir, salah seorang tokoh muda Desa Paya Meuligoe, lokasi kerajaan Islam Peureulak, mengungkapkan, situs kerajaan Islam Peureulak harus mendapat perhatian plus dari pemerintah supaya tidak menjadi tontonan saja” Dengan momen haul ini kita bisa melangkah lebih maju,” ujarnya. []