Irwandi: Masih Banyak Potensi Aceh Belum Dioptimalkan

0
40

Banda Aceh– Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyebutkan masih banyak potensi sumber daya alam yang belum digarap secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Saya berharap pemimpin Aceh di masa yang akan datang dapat mengoptimalisasikan berbagai potensi alam dan manusia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh,” kata Irwandi Yusuf di Banda Aceh, Sabtu (11/2).

Didampingi mantan Wakil Gubernur Muhammad Nazar pada acara lepas sambut Gubernur Aceh di Anjong Mon Mata, ia juga mengharapkan Penjabat Gubernur Tarmizi A Karim dan pemimpin Aceh di masa yang akan datang juga melanjutkan program yang dinilai telah berhasil.

“Selama lima tahun saya bersama Muhammad Nazar memimpin Aceh memang masih banyak target pembangunan yang belum tercapai namun tidak sedikit juga perubahan yang kami lakukan sehingga menjadi lebih baik,” kata Irwandi Yusuf.

Ia menyebutkan kepemimpinannya tingkat kemiskinan yang semula berada pada angka 28,5 persen turun menjadi 19,2 persen, begitu juga dengan tingkat pengangguran dari 9,84 persen menjadi 7,4 persen.

Selain itu, pada 2005 angka kematian bayi di Aceh mencapai 42/1.000 kelahiran dan pada 2011 menjadi 26/1.000 kelahiran begitu juga dengan angka kematian ibu melahirkan dari 354/100.000 menjadi 190/100.000.

“Semua perubahan itu merupakan hasil kerjasama yang telah dibangun antara tim pemerintah dan masyarakat, kami berharap program yang telah berhasil itu terus dijaga dan ditingkatkan sehingga mampu mendorong kesukseskan program lainnya,” katanya.

Pada kesempatan itu ia juga berharap Pj Gubernur Aceh dapat menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur/wakil gubernur dan 17 bupati/wakil bupati serta wali kota/wakil wali kota pada 9 April 2012.

“Salah satu tugas penting yang harus dikerjakan Tarmizi A Karim sebagai Pj Gubernur adalah menyukseskan Pilkada, bila jadwal pilkada molor lagi berarti dia gagal melaksanakan kewajibannya,” kata Irwandi Yusuf pada acara lepas sambut yang dihadiri unsur Muspida serta dua mantan Gubernur Aceh lainnya Syamsuddin Mahmud dan Abdullah Puteh.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk membantu Tarmizi A Karim agar Pilkada dapat berlangsung jujur dan adil dan para kontestan juga dapat bersaing secara demokratis tanpa intimidasi.[Ant]