Jepang Tolak Hentikan Impor Minyak Iran

0
129

Washington– Menteri Luar Negeri Jepang dalam kunjungan ke Washington, Senin, mengatakan bahwa negaranya tidak akan menghentikan impor minyak Iran, suatu sikap yang sangat langka karena berseberangan dengan Amerika Serikat. Setelah pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dengan fokus utama pada Korea Utara, Menteri Luar Negeri Koichiro Gemba menyoroti sanksi Jepang pada lembaga-lembaga Iran karena kekhawatiran atas program nuklir negara itu.

“Saya menyampaikan pandangan saya bahwa ada bahaya yang akan menyebabkan kerusakan pada perekonomian global jika seluruh impor minyak mentah Iran berhenti,” ujar Koichiro Gemba, Selasa (20/12).

Amerika Serikat dan negara Eropa telah berusaha untuk meningkatkan tekanan terhadap Iran secara global setelah Badan Energi Atom Internasional (IAEA), yang merupakan pengawas nuklir PBB, hampir menuduh Iran memiliki ambisi senjata nuklir.

Jepang telah secara tradisional mempertahankan hubungan baik dengan Iran, meskipun dalam beberapa tahun terakhir investasi energinya di Republik Islam itu terganggu oleh karena kekhawatiran atas program nuklir Iran.

Tetapi Jepang, sebagai perekonomian ketiga terbesar di dunia, sangat tergantung pada minyak asing karena hampir tidak memiliki sumber daya bahan bakar fosil sendiri.[Antara]