Jumlah Pemilih Di Aceh Timur 253.959 Jiwa

0
312

Idi– Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pelaksanaan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Aceh  dan  Bupati /Wakil Bupati Aceh Timur tahun 2012,  dilaporkan mengalami peningkatan  dari pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) lalu.  Jumlah DPT yang punya hak suara di ceh Timur kali ini sebanyak 253.959 jiwa.

Ketua KIP Aceh Timur, Iskandar  Gani, Jumat (6/1) mengatakan, jumlah DPT dalam Pemilukada kali ini mengalami peningkatan yang signifikan  dibandingkan  Pileg dan Pilpres yang lalu. “Berdasarkan DPT Pilkada 2012  yang telah ditetapkan  KIP Aceh Timur melalui rapat pleno terbuka pada tanggal 4 Januari 2012, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 126.235 jiwa,  sedangkan perempuan sebanyak 127.724 jiwa,” kata Iskandar.

Menurut dia,  jumlah pemilih untuk  Aceh Timur sebanyak 253. 959 jiwa merupakan jumlah yang telah final dan tidak akan mengalami perubahan  baik penambahan  ataupun pengurangan  hingga hari H nanti.  Jumlah tersebut juga tidak dapat diganggu gugat karena telah disahkan secara terbuka di depan semua calon  dan masyarakat umum.

Iskandar menyatakan,  pihaknya akan menolak setiap sanggahan dari calon bupati/ wakil bupati  bila nantinya ada keberatan tentang Jumlah DPT yang telah disahkan tersebut.  DPT tersebut dalam waktu dekat  akan diserahkan kembali ke PPK Kecamatan untuk dapat ditempelkan di setiap balai  desa dalam wilayah Aceh Timur.

Pilkada kali ini, KIP telah menyediakan 744 TPS di 511 desa dalam wailyah Aceh Timur.  Dari 744 TPS tersebut tersebar di 511 desa dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur, “  sementara untuk desa-desa yang jumlah pemilihnya banyak akan ditempatkan 2 hingga 5 TPS,” demikian pungkas Iskandar Gani.[]